Kapan Bioskop di Makassar Akan Dibuka? Ini Kata Disparekraf

| 03 Nov 2020 09:09
Kapan Bioskop di Makassar Akan Dibuka? Ini Kata Disparekraf
Rusmayani Majid (Dok. Pribadi)

ERA.id - Bioskop di Makassar segera dibuka. Itu disampaikan langsung dan disetujui oleh pihak Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif (Disparekraf).

Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Makassar, Rusmayani Madjid mengatakan pengumuman tersebut juga telah disetujui oleh Pemerintah Kota Makassar melalui rapat pleno yang diadakan belum lama ini.

Lanjut Rusmayani, bioskop akan buka jika pihak pengelola bioskop sendiri menyetujui tentang protokol kesehatan sesuai UU tahun 2020 tentang aturan protokol kesehatan.

Aturan itu diperkuat oleh surat komitmen yang ditandatangani oleh seluruh pengelola bioskop, yang nantinya akan menerapkan aturan tentang mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan memakai masker (3M).

"Setelah surat komitmen kesepakatannya ditandatangani, sesuai dengan protokol kesehatan yang diatur di Kementerian Kesehatan nomor 382 dan maksimal penonton 50 persen (jumlah penonton)," beber Rusmayani melalui pesan WhatsAppnya, Senin (3/11/2020).

Sebelum dibuka, Rusmayani mengungkapkan jika ada sejumlah pemangkukepentingan yang akan mengkroscek kesiapan seluruh bioskop yang akan memulai pemutaran film pada akhir tahun ini.

Namun, pihak pengelola bioskop diwajibkan lebih dahulu mempersiapkan segalanya, terlebih dengan aturan 50 persen dari jumlah penontonnya.

"Sebelum dibuka ada tim yang akan turun dulu, tim tersebut dari Dinas Pariwisata, Satpol PP dan Dinas Kesehatan."

Lebih jauh, Rusmayani menunggu kesiapan para pengelola layar lebar terlebih dahulu. Jika siap, akan dijadwalkan pada tanggal berapa pemutaran film perdana di bioskop selama pandemi akan dimulai.

"Belum ada pembicaraan (jadwal buka), sepanjang mereka sudah siap dan semua (bioskop) di Makassar," pungkasnya.

Tags : bioskop makassar
Rekomendasi