Pasangan Rival Gibran Klaim 'Kantongi' Dukungan Sampai 70 Ribu Orang di Pilkada Solo

| 03 Nov 2020 20:22
Pasangan Rival Gibran Klaim 'Kantongi' Dukungan Sampai 70 Ribu Orang di Pilkada Solo
Pasangan Bajo (Dok. Antara)

ERA.id - Tim Pemenangan Pasangan Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Solo Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo) mengklaim mendapatkan dukungan sementara sebanyak 70.240 orang pada masa kampanye Pilkada Surakarta 2020.

Tim pemenangan Bajo yang didukung Tikus Phiti Hanata Baris sejak mulai dibuka hingga tahapan kampanye pergerakannya melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Solo, kata Ketua Tim Pemenangan Bajo Sigit Prawoso di Posko Pemenangan Bajo Kerten Solo, Selasa.

Ia mengatakan bahwa pihaknya mendatangkan segenap keanggotaan Tikus Phiti Hanata Baris dari berbagai daerah, seperti wilayah Jateng, Jatim, dan D.I. Yogyakarta melakukan sosialisasi dan mengampanyekan tentang Bajo dari pintu ke pintu di Solo.

Menurut Sigit Prawoso, dari 70.240 pendukung Bajo tersebut terdiri atas 30.217 pendukung dari masyarakat yang tergabung koalisi rakyat sebagai penggerak yang terisi sejumlah elemen masyarakat, dan 40.023 orang merupakan dukungan murni masyarakat Solo.

Sigit menyebutkan elemen masyarakat yang mendukung Bajo, yakni Komunitas Wedangan Solo, Komunitas Sunan Kentan, Solo Madani, Islam Madani, dan beberapa elemen lainnya.

Dari sebanyak jumlah pendukung Bajo, lanjut dia, Kecamatan Banjarsari sebanyak 21.948 orang, Jebres (18.731), Laweyan (8.871), Pasar Kliwon (8.649), dan Serengan (11.975).

"Namun, data yang masuk ada 66 pendukung Bajo tidak diketahui berasal dari kecamatan mana," katanya dikutip dari Antara, Selasa (3/11/2020).

Dengan sistim "sekasur, sedapur, dan sesumur", dia yakin pasangan Bajo meraih sekitar 80 persen pada Pilkada Surakarta 2020.

Kendati demikian, pihaknya juga meminta ke KPU Kota Surakarta agar pembinaan kepada masyarakat tentang tahapan Pilkada 2020 hingga ke pinggiran daerah. Dengan demikian, masyarakat dapat mengetahui siapa saja yang menjadi peserta pilkada setempat.

Dengan cara itu, menurut dia, mereka tahu bahwa pilkada tahun ini diikuti pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo). Ketua Umum Tikus Phiti Hanata Baris Tuntas Subagyo menambahkan bahwa pihaknya memperjuangan penuh mendukung pasangan Bajo.

Rekomendasi