Sambut Kehadiran Partai Baru Masyumi, PDIP Ingatkan Sejumlah Hal

Tim Editor

Basarah (Dok. Instagram officialsahabatbasarah)

ERA.id - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyambut baik kembali hadirnya Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi) yang sempat dibubarkan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan, partainya sangat terbuka dengan kehadiran partai maupun organisasi masyarakat (Ormas) baru asalkan mengikuti prinsip-prinsip bernegara. Misalnya seperti menerima Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara yang final dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan dan sistem sosial bangsa Indonesia

"Kami akan selalu menyambut baik kehadiran setiap kekuatan sosial politik baru, baik ormas maupun partai politik sepanjang proses didirikannya dan tujuan perjuangan politiknya sesuai dengan prinsip-prinsip bernegara yang sudah menjadi konsensus nasional bangsa Indonesia," ujar Basarah melalui keterangan tertulis, Senin (9/11/2020).

Basarah menambahkan, PDIP akan menempatkan partai politik baru sebagai bentuk dari kreatifitas elemen bangsa dan berupaya menjadikan mereka sebagai mitra agar kualitas demokrasi di Indonesia makin sehat. Asalkan, partai baru termasuk Partai Masyumi tetap menjalankan etika dan hukum yang berlaku.

"Namun harus tetap dalam koridor etika dan hukum yang berlaku sesuai dengan prinsip demokrasi dan nomokrasi yang telah kita anut bersama," tegasnya.

Jika prinsip demokrasi dan nomokrasi dilakukan secara bersamaan, Wakil Ketua MPR RI ini meyakini, jalan demokrasi yang telah saat ini telah dipilih akan dapat mengantar negara kepada tujuannya yaitu membangun kesejahteraan dan keadilan sosial bagi semua rakyat. Sehingga, Basarah berharap ke depan Partai Masyumi dapat makin memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat Indonesia.

"Selamat datang Partai Masyumi baru, semoga semakin memperkukuh semangat persatuan dan kesatuan demi kejayaan bangsa dan negara Indonesia di masa yang akan datang," ungkapnya.

Sebelumnya, deklarasi kembalinya Partai Masyumi dilakukan bertepatan dengan dengan Tasyakuran Milad ke-75 Partai tersebut. Acara tasyakuran tersebut dilakukan di Gedung Dewan Dakwah, Jakarta Pusat dan disiarkan secara virtual melalui kanal YouTube Kalam TV, Sabtu (7/11/2020).

"Kami yang bertanda tangan di bawah ini, mendeklarasikan kembali aktifnya partai politik Islam Indonesia yang bernama Masyumi," ujar Ketua Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Partai Islam Ideologis (BPU-PPII) A. Cholil Ridwan saat membacakan deklarasi.

Dalam deklarasi tersebut, Partai Masyumi berjanji akan berjihad demi terlaksananya ajaran dan hukum Islam serta Syariat Islam di Indonesia melalui Masyumi.

 

Tag: pdip partai masyumi

Bagikan: