Ini 3 Tugas Kapolda Baru Usai Dilantik

Tim Editor

Pelantikan Kapolda (Dok. Humas Polri)

ERA.id - Usai dilantik oleh Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis, para Kepala kepolisian Daerah (Kapolda) siap emban tugas salah satunya mempersiapkan pengamanan Pilkada serentak 2020.

Kapolri Idhm Azis mengungkapkan, tugas yang harus dilakukan kepala kepolisian daerah usai serah terima jabatan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, sangat penting dan harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

"Negara juga mengalami resesi ekonomi nasional pertumbuhannya minus selama 3 kuartal berturut-turut. Oleh karena itu, pemerintah   berharap banyak kepada TNI dan Polri, sehingga mari kita laksanakan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya," kata Idham, Jumat (20/11/2020).

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Polri, Awi Setiyono mengatakan selain pengamanan pilkada, tugas penting lainnya adalah pengamanan Natal dan Tahun Baru, dimana momen tersebut dinilai sangat berpotensi adanya kerumunan dan pelanggaran terhadap protokol COVID-19.

"Melakukan operasi penanganan dan pelayanan COVID-19, menjadi kegiatan yang penting khususnya di daerah yang berada dalam zona merah dan memiliki angka rendah terhadap kepatuhan protokol kesehatan,"ulas Awi.

Sebagai informasi, Kepala Kepolisian Daerah yang dilantik hari ini sesuai mutasi yang tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor ST/3222/XI/KEP./2020 tanggal 16 November 2020.

Pertama, Kapolda Bali Irjen Petrus R. Golose yang akan mendapat penugasan di institusi lain. Penggantinya adalah Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri Irjen Putu Jayan Danu Putra

Kemudian, Kapolda Maluku Irjen Baharudin Djafar dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Koorsahli Kapolri Irjen Refdi Andri mengisi posisi Kapolda Maluku.

Irjen Nana digantikan oleh Irjen Fadil yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jatim. Lalu, Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta menduduki jabatan baru selaku Kapolda Jatim. 

Posisi Kapolda Kalsel diisi oleh Irjen Rikwanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Maluku Utara. Pengganti Rikwanto adalah Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Risyapudin Nursin. 

Berikutnya, Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi dimutasi menjadi Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri.  Aslog Kapolri Irjen Ahmad Dofiri diangkat menjadi Kapolda Jabar. Sementara, posisi Aslog Kapolri diisi oleh Kapolda Jambi Irjen Firman Shantyabudi.

Selanjutnya, Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri Irjen Albertus Rachmad Wibowo diangkat sebagai Kapolda Jambi.

 

 

Tag: polri

Bagikan: