Sindir Rizieq Sampai Bawa-Bawa Keluarga, Siapa Husin Shihab?

Tim Editor

Husin Shihab

ERA.id - Nama Husin Shihab mendadak banyak dibicarakan orang setelah menyindir Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab dengan pedas di media sosial. Ternyata Husin Shihab itu berasal dari Madura. Sementara kakeknya seorang pemuka agama dari Bontoala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Husin Shihab lewat akun Twitternya @HusinShihab, menulis seperti ini untuk Rizieq Shihab dan menantunya. "Salut, dukung TNI Polri menjaga agama Islam dari paham radikalisme dan oknum-oknum yg sok agamis tapi jualan ayat, mayat dan lonte dalam ceramahnya!! Islam mengajarkan rahmat, bukan main penggal kepala orang. Duh, gak mantu gak mertua sama aja kualitasnya!" tulis Habib Husin Shihab dikutip tribun-timur.com, Minggu (22/11/2020).

Husin Shihab yang notabene politisi PSI ini, lahir 26 April 1984, di Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, tepatnya di bara’ songai di gir sereng (pinggir pantai). Kakek dari ibunya adalah Habib Muhammad Alhinduan, seorang guru ngaji dan imam masjid di Pasean, Pamekasan.

Ayahnya, Sayid Moh Alwi Shahab trah dari Habib Ali Shihab Bontoala, Makassar, disebut sebagai inisiator silsilah Arrabitha Alawiyah yang tinggal di Sumenep sebagai pedagang kayu dan meubel antik yang merantau ke Jakarta. Ayahnya juga seorang pengamat politik nasional dan Timur Tengah.

Habib Husin Shihab dari trah ibunya, Syarifah Hikmah Alhinduan salah satu keluarga dari Bani Syarqawi pemilik Ponpes Annuqoyah Guluk-guluk. Habib Husin Shihab dibesarkan dikalangan keluarga yang sadar politik, ayahnya, Alwi Shihab, pada zaman orde baru kiprahnya banyak mengkritisi kebijakan Soeharto.

Di awal tahun 60an ayahnya pernah dipenjara karena mengkritisi kebijakan pemerintah daerah yang dianggap tidak adil dan mendiskreditkan golongan timur atau keturunan Arab saat itu. Habib juga sudah pernah mendapat beasiswa kuliah di Timur Tengah dengan mengambil jurusan perbandingan agama dan mazhab. Setelahnya, Habib kuliah lagi S1 ambil jurusan hukum di Universitas Pancasila, Jakarta.

Tag: rizieq sihab

Bagikan: