Jelang Pilkada, Puluhan Saksi Gibran-Teguh Malah Reaktif COVID-19

| 08 Dec 2020 15:19
Jelang Pilkada, Puluhan Saksi Gibran-Teguh Malah Reaktif COVID-19
Rapid Test Saksi Gibran-Teguh (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Sebanyak 20 orang saksi pasangan calon (Paslon) 1 Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa reaktif setelah menjalani rapid test. Padahal mereka yang akan ditunjuk sebagai saksi dalam untuk pengawasan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Anggota Tim Pemenangan paslon Gibran-Teguh, Bidang Hubungan Lintas Partai, Budi Prasetyo mengatakan ada 20 orang yang hasil Rapid test-nya reaktif. Tes dilakukan pada Rabu (2/12) lalu.

"Mereka kami ganti dengan saksi baru," ucap Budi saat ditemui Selasa (8/12).

Tes ini memang dilakukan oleh Tim Pemenangan Gibran-Teguh agar saksi yang ditugaskan ke TPS benar-benar dalam keadaan sehat. Ada sebanyak 1.231 saksi yang dites.

"Semua sudah sepakat kalau ada yang reaktif harus bersedia diganti," ucap Budi.

 

Saat ini saksi cadangan sudah disiapkan. Mereka yang akan menggantikan juga telah menjalani tes untuk menjamin kondisinya sehat. Selain petugas yang menjadi saksi di TPS, rapid test juga dilakukan pada saksi yang bertugas di tiap kecamatan.

Rapid test dilakukan serentak oleh Tim Pemenangan Gibran-Teguh di tiga lokasi pada Rabu (2/12) lalu. Untuk kecamatan Banjarsari dan Laweyan dilakukan di RSUD Ngipang, kecamatan Pasar Kliwon dan Serengan dipusatkan di RSUD Bung Karno dan kecamatan Jebres dilakukan di Pendopo Pucang Sawit.

Rekomendasi