Ratusan Juta Uang Rakyat Dipakai Bangun Toilet di Bekasi Ini, Lihat Hasilnya!

Tim Editor

Toilet SDN Mangunjaya 04 Bekasi yang viral karena pembangunannya senilai ratusan juta.

ERA.id - Toilet seharga ratusan juta rupiah di Kabupaten Bekasi viral setelah bentuknya dianggap sangat jauh dari kesan mewah seperti anggaran yang disediakan. Toilet itu terlihat di SDN 01 Setiamulya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Rabu (9/12/2020).

Bangunan WC berukuran sekitar 2x3 meter terlihat belum rampung. Walau belum rampung, toilet di Kabupaten Bekasi itu lantainya sudah dikeramik, sementara atap belum tertutup sempurna, masih terpasang rangka besi, begitu juga dengan dindingnya yang terlihat masih diplester semen.

Di samping toilet terpasang spanduk berisi data terkait proyek pembangunan WC tersebut yang dibuat Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Pemerintah Kabupaten Bekasi. Diketahui, proyek tersebut memakan anggaran APBD Kabupaten Bekasi tahun anggaran 2020 senilai Rp197.800 juta. Pengerjaannya pun memakan waktu selama 57 hari sejak 26 Oktober 2020 sampai 21 Desember 2020.

Sementara kondisi serupa juga terlihat di SDN Sukaindah 03, Kecamatan Sukakarya. Di tempat ini, toilet senilai Rp198.396 juta itu sudah jadi, walau sederhana dengan dua kamar dan dilengkapi wastafel. Begitu juga dengan WC di SD Negeri 04 Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

“Sebelum tiga hari pengerjaan konsultan datang ke sini untuk menawarkan pembangunan WC, ya kalo saya silakan saja selagi itu program pemerintah,” kata Kepsek SDN Sukaindah 03 Endang Suratni. 

“Semua pengerjaan ada empat tukang satu mandor itu juga pengerjaannya bukan di sini aja, kadang pindah–pindah di tempat lain,” lanjutnya, dikutip dari Pos Kota.

Pemerintah Kabupaten Bekasi memang membangun sarana penunjang pendidikan berupa toilet atau water closet (WC). Berdasarkan situs lpse yang bisa dilihat di sini, sumber dana untuk pembangunan WC berasal dari APBD Kabupaten Bekasi 2020. Dan pagu anggaran yang disediakan mencapai Rp198,5 juta hanya untuk sarana penunjang toilet sekolah.

Siapa yang membuat toilet seharga ratusan juta di SDN Mangunjaya 04 itu atau pemenang lelangnya? Setelah dilihat dari laman resmi LPSE, tertulis CV Cikal Kelapa Mandiri, yang beralamat di Jalan RA. Kartini no 5 Margahayu, Bekasi Kota, Jawa Barat.

Tag: viral yang unik bekasi

Bagikan: