Jelang Natal dan Tahun Baru, DPR Minta Pemerintah Antisipasi Lonjakan Kasus COVID-19

| 11 Dec 2020 12:30
Jelang Natal dan Tahun Baru, DPR Minta Pemerintah Antisipasi Lonjakan Kasus COVID-19
Puan Maharani (Dok. DPR RI)

ERA.id - Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut adanya vaksin COVID-19 memberikan harapan yang besar untuk dapat segera mengakhiri pandemi virus korona. Namun, dia juga meminta pemerintah untuk memastikan keamanan vaksin telah tiba di Indonesia. 

"Pemerintah agar memastikan bahwa vaksin tersebut aman dan layak untuk digunakan," ujar Puan dalam pidato saat Rapat Paripurna Penutupan Masa Persidangan II Tahun 2020-2021 di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (11/12/2020).

Selain itu, kata Puan, pemerintah harus melakukan edukasi dan sosialisasi yang luas mengenai vaksin COVID-19, agar dapat dipahami oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Lebih lanjut, Puan meminta pemerintah meningkatkan upaya penanganan COVID-19 dan menguatkan penerapan protokol kesehatan. Terlebih setelah adanya lonjakan kasus positif dalam beberapa pekan terakhir ini.

Puan juga meminta meminta pemerintah terus menguatkan sosialisasi disiplin protokol kesehatan. Hal itu untuk mengantisipasi keramaian masyarakat di lokasi tertentu jelang Hari Raya Natal dan tahun baru 2021 seperti di bandara, pelabuhan, terminal, dan stasiun

"Penambahan jumlah kasus per hari telah mencetak rekor baru sehingga Pemerintah segera melakukan upaya yang lebih kuat untuk mencegah penularan COVID-19 dan memperkuat pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19," kata Puan.

Terakhir, politisi PDIP ini mengapresiasi kerja keras dan gotong royong yang telah dilakukan Pemerintah, tenaga kesehatan, relawan, dan masyarakat dalam melawan pandemi COVID-19. 

Rekomendasi