Pecundangi Petahana, Berikut Jumlah Suara Utta-Edy di Pilkada Bulukumba Sulsel

| 16 Dec 2020 09:50
Pecundangi Petahana, Berikut Jumlah Suara Utta-Edy di Pilkada Bulukumba Sulsel
Andi Utta-Edy Manaf

ERA.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulukumba, di Provinsi Sulawesi Selatan, mengumumkan bahwa Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf (Andi Utta-Edy Manaf) sebagai kepala daerah terpilih.

Andi Utta-Edy menjadi peraih suara terbanyak  usai KPU Bulukumba mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara. "Hari ini kita sudah plenokan. Suara dari 10 kecamatan sudah rekap, sehingga diumumkan peraih suara terbanyak," papar Komisioner KPU Bulukumba, Syamsul, saat dikonfirmasi, Selasa (16/12/2020).

Data hasil rekapitulasi sesuai dalam rapat pleno KPU setempat, pasangan nomor urut satu Calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, Andi Hamzah Pangki-Andi Murniati Makking memperoleh  12.517 suara. 

Selanjutnya pasangan nomor urut dua, Askar HL-Arum Spink meraih  67.855 suara. Pasangan nomor urut tiga, Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau memperoleh 63.672 suara. Dan nomor urut empat Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf meraih suara terbanyak yakni 92.978 suara.

Andi Utta-Edy Manaf tercatat menang di tujuh kecamatan, masing-masing Kecamatan Ujung Bulu, Bonto Bahari, Bontotiro, Herlang, Kajang, Bulukumpa, dan Rilau Ale.

Sementara rival terberatnya nomor urut dua Askar HL- Arum Spink  menang pada dua kecamatan yakni Kecamatan Gantarang dan Kindang. Sedangkan pasangan nomor urut tiga Tomy Satria-Andi Makkasau hanya unggul di satu kecamatan yakni Kecamatan  Ujung Loe.

 

Untuk pasangan nomor urut satu Andi Hamzah Pangki-Murniaty Makking, tercatat tidak memiliki kemenangan di satu kecamatan pun, namun suaranya tersebar di beberapa kecamatan se-Kabupaten Bulukumba.

Mengenai dengan penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Bulukumba, kata Syamsul selaku Komisioner yang membidangi Hukum dan Pengawasan menjelaskan, akan ditetapkan lima hari usai pengumuman perolehan suara seluruh pasangan calon.

"Soal penetapan kita masih menunggu apakah ada kandidat yang mengajukan keberatan atau gugatan. Bila tidak ada, maka akan ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Untuk pelantikan, tentu itu ranah pemerintah pusat menjadwalkan," ucapnya menjelaskan.

Hasil pantauan melalui situs www.pilkada2020.KPU.go.id pasangan nomor urut satu memperoleh presentase suara 5,3 persen suara. Pasangan calon nomor urut dua memperoleh 28,6 persen suara Pasangan nomor urut tiga, memperoleh  26,9 persen suara. Dan nomor urut empat, meraih suara 39,2 persen.

Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bulukumba sebanyak 830 TPS tersebar di 10 kecamatan. Data masuk sudah mencapai 100 persen.

Rekomendasi