PKS Ingatkan Vaksin COVID-19 Jangan Hanya Gratis Tapi Harus Berkualitas

Tim Editor

Jokowi meninjau laboratorium Bio Farma (Dok. Antara)

ERA.id - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai vaksin COVID-19 tidak hanya harus diberikan secara gratis, tapi juga berkualitas. Hal ini merespon keputusan Presiden Joko Widodo soal vaksin COVID-19 yang diberikan gratis untuk masyarakat.

"(Vaksin COVID-19) gratis dan berkualitas," tegas Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKS Kurniasih Mufidayati kepada wartawan, Kamis (17/12/2020).

Kurniasih mengatakan, memang sudah seharusnya biaya vaksin ditanggung negara. Namun, sebelum dibagikan kepada masyarakat, pemerintah harus memastikan kualitas dan mutu vaksin.

"Harus memenuhi ketentuan WHO, harus selesai semua tahapan uji klinis dan mendapatkan izin EUA dari BPOM dan sertifikat Halal MUI," kata Kurniasih.

Dia mengatakan, banyak vaksin yang sedang dalam pengembangan. Pemerintah seharusnya bisa membandingkan mana vaksin yang terbaik dalam menangani pandemi COVID-19. Kurniasih menekankan, vaksin COVID-19 tidak boleh sampai mengorbankan keselamatan masyarakat.

"Artinya walau biaya vaksin ini di-cover oleh pemerintah, tapi efikasi dan mutu vaksin harus yang terbaik untuk rakyat," kata Kurniasih.

"Jangan korbankan kesehatan dan keselamatan rakyat Indonesia," imbuhnya

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mengumumkan vaksin COVID-19 untuk masyarakat akan diberikan secara gratis. Dia memerintahkan jajaran kabinetnya untuk menyiapkan anggaran program vaksinasi di tahun anggaran 2021. Menkeu Sri Mulyani juga diminta merealokasikan anggaran terkait.

"Dapat saya sampaikan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi, gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali," kata Presiden Jokowi lewat YouTube Sekretariat Kepresidenan, Rabu (16/12/2020).

 

Tag: pks covid-19 vaksin covid-19

Bagikan: