Petrus Golose, Senior Reserse yang Jadi Kepala BNN

| 23 Dec 2020 09:33
Petrus Golose, Senior Reserse yang Jadi Kepala BNN
Petrus Golose (Dok. Polda Bali)

ERA.id - Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) baru Irjen Petrus Reinhard Golose, hari ini, Rabu (23/12/2020). Petrus akan menggantikan Komjen Heru Winarko yang pensiun sejak awal Desember lalu.

"Kepala BNN Pak Petrus Reinhard Golose," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono lewat pesan singkat, Rabu (23/12/2020).

Petrus sebelumnya merupakan Kapolda Bali. Lulusan Akpol 1988 ini juga pernah menjabat sebagai Direktur Penindakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Ia lama di reserse dan pernah menjabat sebagai Kepala Unit V IT & Cybercrime Bareskrim Polri. Selama kariernya, ia telah menangani dua kasus hacking di Indonesia yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap yaitu hacking website KPU dan hacking website Partai Golkar. Ia juga telah menulis buku berjudul "Seputar Kejahatan Hacking: Teori dan Studi Kasus" pada tahun 2008.

Petrus Reinhard Golose juga peraih gelar Doktor Kajian Ilmu Kepolisian, setelah berhasil mempertahankan Disertasinya yang berjudul "Manajemen Penyidikan Tindak Pidana Hacking. Studi Kasus: Penyidikan Tindak Pidana Hacking website Partai Golkar Oleh Unit V IT & Cybercrime Bareskrim Polri" pada Sabtu, 7 Juni 2008.

Selain Petrus, Jokowi juga dijadwalkan melantik enam menteri baru, lima orang wakil menteri, dan Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Hartono. Pelantikan akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta.

Rekomendasi