Profil Dante Saksono, Wamenkes 'Cemerlang' yang Dampingi Menkes Budi

Tim Editor

Dante Saksono (Dok. Instagram handojostephanie)

ERA.id - Presiden Joko Widodo menunjuk lima orang sebagai wakil menteri dan dilantik bersamaan dengan enam orang menteri baru dalam Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (23/12/2020). Salah satu wamen yang dilantik Jokowi adalah Dante Saksono Harbuwono yang bakal mendampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Dante diketahui merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dia mendalami bidang endokrinologi dan merupakan ahli molekular diabetes pertama di Indonesia. Pria kelahiran Temanggung, 23 Maret 1973 ini mengambil gelar Ph.D bidang Molekular Diabetes dari University of Yamanashi pada 2008.

Karir Dante di bidang kedokteran terbilang cemerlang. Dia tercatat sebagai anggota beberapa organisasi kedokteran seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), dan Kolegium Persatuan Endokrinologi Indonesia (PERKENI). Dia juga tercatat sebagai Komisaris PT Pertamina Bina Medika IHC

Dante juga pernah menjadi pengurus Besar Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PB PERKENI) dan dipercaya sebagai Wakil Ketua, Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), serta Ketua Perhimpunan Endokrinologi Indonesia-Jakarta Rata (PERKENI JAYA).

Dante meraih sejumlah penghargaan seperti Tajima Awards dari Epidemiologi Diabetes Japan pada tahun 2013 dan Takeda Science Foundation Awards dari Takeda Japan pada tahun 2013.

Tag: menkes budi gunadi sadikin dante saksono

Bagikan: