Beredar Isu Jokowi Bukan Disuntik Vaksin COVID-19, Melainkan Suntik Vitamin, Faktanya Cuma Hoaks

Tim Editor

Presiden Jokowi Divaksin (Dok. BPMI)

ERA.id - Beredar isu di media sosial yang menyebut bahwa Presiden Jokowi bukan menerima suntikan berisi vaksin COVID-19. Namun, cairan vitamin B. Pada sumber lain disebutkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu disuntikan vitamin C ketika siaran langsung di media.

Dari hasil penelusuran, dilansir laman turnbackhoax.id, diketahui klaim tersebut tidak benar. Presiden Jokowi diberikan vaksin Covid-19 perdana di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Rabu 13 Januari 2021. 

Vaksinasi terhadap Jokowi merupakan simbolis dimulainya program vaksinasi COVID-19 di Indonesia.

Proses vaksinasi disiarkan secara langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden RI. Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Abdul Muthalib yang menjadi vaksinator menunjukan vial dan kemasan vaksin Covid-19 merek Sinovac sebelum disuntikan pada Jokowi. 

Tampak vaksinator kembali memperlihatkan vial vaksin sebelum dibuka. Penampakan vial pun bisa terlihat secara dekat.

Setelahnya vaksinator mengatakan Presiden Jokowi tak merasakan sakit apa pun saat disuntik vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Dia memastikan bahwa vaksin Covid-19 yang disuntikkan ke Jokowi adalah vaksin buatan perusahaan China, Sinovac. 

Muthalib bahkan sempat menunjukkan botol vaksin sebelum disuntikan ke masyarakat. "Di mana tertulis nomor vaksin Sinovac, vaksin tetap sinovac," ujarnya, Kamis (14/1).

Dari penelusuran di atas klaim Jokowi disuntik vitamin tidak berdasar, karena tidak ada sumber relevan yang memberitakan hal tersebut. Sehingga, status tersebut masuk kategori Konten yang Mmenyesatkan.

Tag: hoaks cek fakta hoaks vaksin Jokowi disuntik vaksin vaksin virus corona

Bagikan: