Kompolnas Beri Masukan pada Komisi III DPR Soal Calon Kapolri Listyo Sigit

| 18 Jan 2021 14:16
Kompolnas Beri Masukan pada Komisi III DPR Soal Calon Kapolri Listyo Sigit
Listyo Sigit (Dok. Antara)

ERA.id - Komisi III DPR RI mengundang Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) pada Senin (18/1/2021). Adapun agenda RPDU hari ini adalah meminta masukan terkait dengan uji kelayakan calon kapolri Komjen Listyo Sigit.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mengatakan akan memperdalam soal pengajuan nama Komjen Listyo Sigit sebagai calon Kapolri tunggal yang dipilih Presiden Joko Widodo. Sementara uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test rencananya digelar pada Rabu (20/1/2021).

"Kami perdalam terkait calon Kapolri tunggal. (Uji kelayakan dan kepatutan) Rabu tanggal 20 Januari jam 10.00 pagi, jadwalnya Rabu," kata Sahroni kepada wartawan, Senin (18/1/2021).

Saat ini RDPU dengan Kompolnas digelar secara tertutup. Hadir dalam rapat tersebut yaitu Ketua Kompolnas Mahfud MD yang hadir secara virtual, dan Anggota Kompolnas Benny Mamoto yang hadir secara fisik. 

"Maka perkenankanlah kami membuka rapat ini dengan mohon persetujuan rapat kita buat tertutup untuk umum. Setuju," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir saat membuka RDPU dan disetujui oleh anggota komisi III.

Sebelumnya anggota Kompolnas Poengky Indarti mengatakan penunjukan Komjen Listyo Sigit Prabowo yang berasal dari angkatan muda sebagai calon tunggal Kapolri merupakan bukti bahwa regenerasi di Polri berjalan baik.

"Sepanjang sudah menyandang pangkat Komisaris Jenderal, maka sudah dianggap senior meski angkatan atau usianya lebih muda. Dipimpin senior atau junior bukan merupakan masalah di Polri. Soliditas Polri tidak akan goyah. Sejarah sudah mencatat hal ini," kata Poengky dikutip dari Antara, Minggu (17/1/2021)

Poengky menuturkan Kompolnas dalam memberikan pertimbangan soal calon-calon Kapolri merujuk pada kriteria calon Kapolri sesuai Pasal 11 Ayat (6) UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri dengan mempertimbangkan prestasi, integritas dan rekam jejak serta masa pensiunnya. "Kompolnas juga memperhatikan keterwakilan dan memastikan regenerasi di tubuh Polri berjalan dengan baik," tutur dia.

Di samping itu, lanjutnya, Kompolnas optimistis dengan berjalannya regenerasi di tubuh Polri akan membuat generasi muda Polri berlomba-lomba meningkatkan profesionalitas dan prestasi untuk dapat melayani, mengayomi, melindungi masyarakat dan menegakkan hukum guna mewujudkan pemeliharaan kamtibmas.

Rekomendasi