Listyo Sigit Minta Restu Jadi Kapolri, Tito Berikan Sejumlah Masukan

Tim Editor

Tito Karnavian (Dok. Instagram titokarnavian)

ERA.id - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengaku calon tunggal Kapolri Listyo Sigit mendatangi kediamannya pada Senin (18/1/2021) pagi. Kedatangan Listyo, tak lain untuk meminta masukan dan restu kepada Tito yang merupakan mantan Kapolri periode 2016-2019.

"Tadi juga Pak Sigit ke kediaman, tadi pagi jam 8 lewat dikit, dengan ibu Sigit. Saya sangat menghargai Pak Sigit yang datang ke para mantan Kapolri. Selain meminta masukan, juga minta restu," ungkap Tito kepada wartawan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (18/1/2021).

Tito mengatakan, kunjungan Listyo ke kediamannya merupakan suatu tradisi bagi calon kapolri. Di mana calon Kapolri akan berkunjung dan meminta restu kepada Kapolri terdahulu.

Adapun dalam pertemuan keduanya itu, Tito menyampaikan beberapa pesan dan masukan untuk Listyo jika nanti menjabat sebagai Kapolri. Salah satunya adalah menjaga soliditas internal saat memimpin Polri kedepannya. Apalagi, kata Tito, penunjukan Listyo sebagai calon tunggal Kapolri melangkahi beberapa angkatan di atasnya.

"Diantaranya bagaimana untuk membuat soliditas internal, ya karena Pak Sigit sama dengan saya, banyak senior di atas. Tapi kiat-kiat seperti itu saya kira cukup Pak Sigit dan saya yang tahu," kata Tito.

Selain itu, Tito juga memberi masukan agar Listyo dapat memperkuat soft approach dengan jajaran binmas, di samping kinerja lain dalam penegakan hukum yang tegas.

"Itu juga soft approach yang lain, dengan kegiatan binmas terutama," kata Tito.

Sementara terkait persiapan Listyo untuk uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test dengan Komisi III DPR RI pada Rabu (20/1/2021) mendatang, Tito mayakini Listyo sudah sangat paham apa yang harus dilakukan.

Menurut Tito, pengalaman Listyo sebagai Kapolda Banten, Kadiv Propram, hingga Kabareskrim Polri sudah cukup menjadi modal untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan.

"Pak Sigit sudah sangat paham soal hal itu (uji kelayakan dan kepatutan), Pak Sigit itu sudah matang ya. Beliau (Listyo Sigit) tentang political landscape peta politik yang lebih baik daripada saya dan beliau juga memiliki kepribadian yang baik," pungkasnya.

Tag: tito karnavian calon kapolri komjen pol listyo sigit Listyo Sigit Prabowo

Bagikan: