Tiga PR Listyo Sigit dari DPR RI Usai Ditetapkan Sebagai Kapolri

Tim Editor

Puan Maharani (Dok. DPR RI)

ERA.id - Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut ada tiga pekerjaan rumah yang menanti Komjen Listyo Sigit saat memimpin Polri. Tiga pekerjaan rumah itu terkait penegakan hukum, pelayanan publik, dan reformasi internal.

Puan berpesan kepada Listyo agar penegakan hukum harus mengedepankan keadilan restoratif. Lalu tidak boleh dilihat memakai kacamata kuda.

"Penegakan hukum agar ada keadilan restoratif. Penegakan hukum tidak memakai kaca mata kuda, tapi melihat konteks masalah dan memperhatikan aspek-aspek sosial kemasyarakatan," ujar Puan melalui keterangan tertulis, Kamis (21/1/2021).

Puan juga meminta supaya pelayanan Polri ditingkatkan. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi untuk mengatasi keterbatasan personel di Polri, dengan demikian polisi dapat lebih responsif terhadap pengaduan masyarakat.

Kemudian mengenai reformasi internal, Puan mengatakan perlu peningkatan kualitas SDM. "Peningkatan kualitas SDM dapat difokuskan pada sikap serta mental anggota Polri agar senantiasa bekerja secara profesional,"

Untuk diketahui, usai menjalani uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri di Komisi III DPR, Komjen Listyo Sigit Prabowo, disetujui menjadi Kapolri. Keputusan itu, ditetapkan dalam rapat paripurna DPR RI pada Kamis (21/1/2021) siang.

"Sidang dewan yang kami hormati, sekarang perkenanan kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat apakah laporan Komisi III DPR RI atas hasil uji kelayakan calon kapolri tersebut dapat disetujui? " ujar Puan dalam rapat paripurna DPR RI

"Setuju," jawab anggota yang menghadiri rapat Paripurna yang diikuti suara ketukan palu dari meja pimpinan rapat.

Selanjutnya, hasil keputusan rapat paripurna DPR RI akan dikirimkan kepada Presiden Joko Widodo untuk segera melantik Listyo Sigit sebagai Kapolri baru.

 

Tag: puan maharani kapolri komjen pol listyo sigit Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo

Bagikan: