Viral! Video Pengakuan Anggota ISIS: Dihadiri Munarman hingga Dibaiat di Markas FPI Makassar

Tim Editor

Viral video diduga Munarman dalam acara pembaiatan ISIS di Makassar. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Terduga teroris Ahmad Aulia membuat pengakuan mengejutkan lewat sebuah video yang viral di media sosial. Ia menyebut telah berbaiat kepada organisasi terlarang Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi pada tahun 2015.

Yang menarik dalam video pengakuannya, Ahmad Aulia menyebut pembaiatan kepada ISIS dilakukan di Markas Front Pembela Islam (FPI) Makassar. Tak hanya itu, mantan Sekretaris Umum FPI Munarman pun disebut turut hadir dalam prosesi pembaiatan.

Nama Munarman juga sempat masuk dalam daftar salah satu terduga teroris yang ditangkap di Makassar karena menghadiri acara baiat ISIS. Walhasil, nama Munarman pun kini bertengger di trending topic Twitter dengan 5.403 tweet.

Seorang warganet bernama @ApriliaLin membagikan sebuah video yang bertuliskan "Panglima FPI Munarman (panah kuning) saat baiat massal ISIS di markas FPI Sudiang Makassar 25 Januari 2015".

Ia menyebut bahwa video tersebut menjadi bukti valid kehadiran Munarman dalam acara sumpah setia massal kepada pimpinan teroris ISIS. 

"Dengan bukti dan keterangan tersangka terduga teroris harusnya @DivHumas_Polri sudah bisa menangkap Munarman," cuit @ApriliaLin dikutip ERA.id, Kamis (4/2/2021).

Pada video tersebut tampak sebuah banner bertuliskan "Tabligh Akbar, Syariat Islam Sebagai Solusi Terbaik, Negeri Idaman Harapan Ummat". Lalu pada banner yang sama juga tertulis nama Munarman dan Muh. Basri.

"Sekarang kita bersama-sama mengacungkan tangan untuk berbaiat pada Abu Bakar al-Baghdadi, akan dipimpin Ustad Muhammad Basri," kata seseorang terduga teroris dalam video tersebut. 

Muhammad Basri kemudian memimpin baiat yang diawali dengan pembacaan syahadat dan kemudian mengucapkan baiat dalam bahasa Arab yang diikuti oleh massa yang hadir. 

Peserta pembaiatan juga terlihat mengacungkan tangan kanan sambil mengikuti baiat yang dipimpin Ustaz Muhammad Basri. Lalu baiat diakhiri dengan takbir. 

Redaksi ERA.id berupaya untuk mengonfirmasi soal kehadiran Munarman pada acara baiat ISIS tersebut. Namun yang bersangkutan belum memberikan konfirmasi.

Tag: fpi isis munarman

Bagikan: