Munarman Bantah Kenal Terduga Teroris Eks FPI Baiat ISIS, Ferdinand: Tapi yang Hadir Kenal Anda

Tim Editor

Tangkapan layar video diduga Munarman dalam acara pembaiatan ISIS di Makassar (Dok. Twitter @ApriliaLin)

ERA.id - Eks Sekretaris Umum FPI Munarman membantah mengenal belasan simpatisan FPI yang melakukan baiat kepada ISIS di Makassar, Sulawesi Selatan, pada tahun 2005. Hal itu juga terkait kehadirannya dalam acara pembaiatan bersama beberapa pengurus FPI lainnya.

"Enggak kenal saya," kata Munarman dalam keterangannya, dikutip CNN, Kamis (4/2).

Bahkan Eks Dewan Pimpinan Daerah Front Pembela Islam (FPI) Sulawesi Selatan Muchsin Al-Habsyi menyebut Aulia, terduga teroris ISIS, tak pernah terdaftar sebagai anggota atau laskar FPI Makassar maupun di kota atau kabupaten Sulawesi Selatan.

"Yang bersangkutan pernah ikut kegiatan yang dilakukan FPI Makassar, maka tidak secara otomatis saudaa AA menjadi anggota FPI," kata Muchsin lewat keterangan tertulisnya, Jumat (5/2/2021).

Ia juga menjelaskan acara yang dihadiri oleh Munarman, M. Basri, dan Fauzan itu merupakan diskusi umum soal kondisi perpolitikan dunia secara global.

"Terkait kehadiran H. Munarman, dari Jakarta adalah sebagai narasumber yang diundang dan tidak ada kaitannya dengan isu ISIS apalagi dikaitkan dengan baiat seperti yang dinyatakan saudara AA," ujarnya.

Menanggapi pernyataan Munarman yang mengaku tak kenal belasan eks FPI yang melakukan baiat kepada ISIS, mantan politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean memberi sindiran pedas.

Menurut dia, bagaimana mungkin Munarman tidak mengenal, sedangkan dirinya berada di lokasi saat acara pembaiatan ISIS dan disaksikan eks simpatisan FPI.

"Tak masalah dgn pengakuan anda yg mengaku tdk kenal dgn Terduga Teroris yg di baiat ISIS. Bg proses hukum pembuktian adalah mrk kenal anda dan melihat anda hadir di pembaiatan ISIS tersebut," kata Ferdinand di akun Twitternya, Sabtu (6/2/). 

"Tentu anda tak kebal semua yg hadir, tp yg hadir kenal anda," tambah dia.

Sebelumnya, terduga teroris Ahmad Aulia membuat pengakuan mengejutkan lewat sebuah video yang viral di media sosial. Ia menyebut telah berbaiat kepada organisasi terlarang Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi pada tahun 2015.

Seorang warganet bernama @ApriliaLin membagikan sebuah video yang bertuliskan "Panglima FPI Munarman (panah kuning) saat baiat massal ISIS di markas FPI Sudiang Makassar 25 Januari 2015.

Pada video tersebut tampak sebuah banner bertuliskan "Tabligh Akbar, Syariat Islam Sebagai Solusi Terbaik, Negeri Idaman Harapan Ummat". Lalu pada banner yang sama juga tertulis nama Munarman dan Muh. Basri.

"Sekarang kita bersama-sama mengacungkan tangan untuk berbaiat pada Abu Bakar al-Baghdadi, akan dipimpin Ustad Muhammad Basri," kata seseorang dalam video tersebut.

Tag: fpi isis munarman baiat isis

Bagikan: