Hari Pers Nasional 2021 Sebagai Ajang Penyebaran Informasi Optimisme Penanganan COVID-19

| 08 Feb 2021 11:57
Hari Pers Nasional 2021 Sebagai Ajang Penyebaran Informasi Optimisme Penanganan COVID-19
HPN (Dok. Humas HPN)

ERA.id - Momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 harus mampu membakar semangat berjuang kaum jurnalis dalam rangka memutus penyebaran COVID-19 di Indonesia. 

Dengan cara berpartisipasi secara aktif dalam menyebarkan pesan optimisme di berbagai lapisan masyarakat. 

“Peringatan HPN 2021 harus mampu membakar semangat kaum wartawan dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19,” ujar Kepala Monumen Pers Nasional Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Widodo Hastjaryo di Solo, Jawa Tengah, Senin (8/2/2021).

Menurut dia, pesan optimis, yang disebarkan secara masif dalam beberapa bulan ke depan saat ini merupakan kunci sukses dalam penanganan pandemi. Dengan itu akan menggugah rasa empati dari masyarakat untuk mengikuti kebijakan yang dirumuskan pemerintah dalam mengentaskan wabah global ini secara bersama-sama. 

Mengingat, sudah banyak program pemerintah yang telah diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat yang terdampak dari wabah global tersebut. Dari mulai pemberian berbagai bantuan sosial (bansos) masyarakat yang terdampak hingga kebijakan vaksinasi nasional COVID-19 yang dilakukan secara gratis dalam waktu satu tahun ke depan. 

“Pemerintah sudah berupaya optimal dalam melakukan berbagai cara penanganan pandemi, termasuk melakukan vaksinasi nasional,” imbuhnya.

Widodo menjelaskan, partisipasi insan pers harus dimaknai sebagai simbol perjuangan yang dilakukan untuk memenangi perang melawan virus berbahaya tersebut. Diperlukan peran aktif dari para wartawan dalam upaya-upaya penanganan COVID-19 yang saat ini telah dilakukan secara kolaboratif antara berbagai pemangku kepentingan sebagai kanal yang akan menyebarkan pesan-pesan optimisme dalam penanganan pandemi saat ini. 

Rekomendasi