Heboh Hibah Rp9 Miliar Pemprov Jatim untuk Museum SBY-Ani

| 17 Feb 2021 16:25
Heboh Hibah Rp9 Miliar Pemprov Jatim untuk Museum SBY-Ani
Museum SBY-Ani (Dok. Instagram museumsby)

ERA.id - Pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI di Ploso, Pacitan, Jatim ternyata ikut didanai Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Hibah sebesar Rp9 miliar ini pun mendapatkan sorotan publik. 

Terkait hal ini, Bendahara Umum DPP Partai Demokrat, Renville Antonio, membenarkan dana hibah tersebut murni bantuan dari Pemprov Jatim. Meski begitu, SBY maupun Partai Demokrat tidak pernah meminta ke Pemprov Jatim.

"Jadi itu murni bantuan, dan dana hibah itu diperbolehkan," kata Renville, saat dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (16/2/2021).

Renville menjelaskan dana hibah untuk Museum SBY merupakan inisiatif mantan Gubernur Soekarwo (Pakde Karwo) saat masih menjabat. Adapun saat peletakan batu pertama, Pemprov Jatim sudah dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

"Tapi itu inisiatif Gubernur Pakde Karwo langsung. Jadi ya kita terima kasih. Dan waktu itu Bu Gubernur Khofifah waktu peletakan batu pertama (Hadir) dan memberi apresiasi," katanya.

Sebelumnya, Bupati Pacitan, Indartato, membenarkan soal alokasi APBD Pemprov Jatim ke Museum SBY-Ani sebesar Rp9 miliar. Namun, uang itu tidak masuk ke kantong pribadi SBY. 

"Bukan dari APBD Pacitan," kata Indarto. 

Untuk diketahui, Presiden RI Keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meletakkan batu permata Museum SBY-Ani pada 22 Februari 2020. Keluarga besar SBY hadir, begitu pula sejumlah pejabat pemerintah pusat, Pemprov Jatim, Pemkab Pacitan, dan beberapa mantan menteri era SBY.

Dalam sambutannya, SBY mengakui museum tersebut dibangun sesuai keinginan istrinya, mendiang Ani Yudhoyono. Sebelum berpulang, Ani juga meminta pembangunan museum itu segera dimulai. 

"Museum dan galeri ini adalah tanda cinta saya dan keluarga yang amat dalam dan abadi kepada istri tercinta," kata SBY saat itu.

Sementara Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, yang juga hadir di acara itu berharap Museum SBY-Ani jadi destinasi wisata baru. Sehingga turut memompa ekonomi masyarakat setempat. Ia bahkan berencana membangun bandara rintisan di sana. 

"Museum ini akan menjadi grativasi yang baru di Pacitan," katanya saat itu.

Rekomendasi