Pemerintah Yakin Rebound, Ekonomi RI Optimis Bangkit di 2021

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Pemerintah optimis perekonomian Indonesia bakal rebound pada tahun 2021 pada kisaran 4,5-5,5 persen.

Seketaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, pemulihan ekonomi nasional yang terdampak oleh pandemi Covid-19 tahun 2020 terus diupayakan oleh Pemerintah Indonesia.

Selain melalui program-program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), pemerintah melihat perlu mendorong konsumsi masyarakat agar sektor industri nasional terus bergerak.

"Sehingga lapangan pekerjaan pun tercipta kembali didukung oleh peningkatan konsumsi rumah tangga, investasi, pengeluaran pemerintah, dan ekspor," kata Susiwijono, di Jakarta, Rabu (17/2/2021).

Pemerintah akan meningkatkan daya beli bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah dengan menggulirkan program-program jaringan keamanan sosial, dan membangun kepercayaan diri masyarakat ekonomi menengah ke atas untuk kembali berbelanja.

"Tahun 2021 juga momentum untuk mendorong investasi,” sambungnya. 

Dia menyebut, beberapa indikator ekonomi makro Indonesia menunjukkan beberapa sinyal positif. Hampir semua komoditi mengalami perbaikan, beberapa industri sudah mulai bergerak, impor bahan baku dan barang modal memasuki kuartal IV 2020 trennya mulai meningkat tinggi.

“Sehingga kami berharap ini menjadi indikasi sektor riil kita mulai bergerak. Beberapa komoditas terutama minyak kelapa  sawit dan beberapa produk tamban di pasar internasional harganya cukup bagus, sehingga ekspor kita cukup kuat. Apabila disimpulkan, di 2021 pemerintah sangat optimistis perekonomian akan pulih,” ucapnya.

Tag: pertumbuhan ekonomi pemulihan ekonomi nasional rebound ekonomi rebound

Bagikan: