1.622 Orang Rohaniawan dan Lansia Telah Divaksin di PGI

| 17 Mar 2021 15:11
1.622 Orang Rohaniawan dan Lansia Telah Divaksin di PGI
Dok. PGI

ERA.id - Sebanyak 1.622 lansia dan rohaniawan telah divaksin di kantor Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), di Grha Oikoumene, Salemba, Jakarta Pusat.

Proses vaksinasi yang dimulai Kamis (4/3) hingga Senin (15/3) ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Sekretaris Umum PGI Pdt. Jacky Manuputty mengatakan, pelakasanaan vaksin ini adalah komitmen dan konsistensi PGI untuk turut serta menanggulangi pandemi Covid-19 berdasarkan panggilan keimanan gereja dan sejalan dengan tanggung jawab kewarganegaraan.

“Sampai saat ini masih banyak orang yang terjebak hoaks dan berbagai informasi keliru yang menyebabkan mereka menolak vaksinasi. Oleh karena itu kegiatan vaksinasi yang dilakukan oleh PGI sekaligus merupakan penegasan bahwa vaksinasi itu aman. Dengan ini PGI juga sekaligus mendorong gereja-gereja untuk mengambil bagian dalam vaksinasi yang dilakukan pemerintah. Ini panggilan kita bersama untuk merawat dan pempertahankan kehidupan,” kata Jacky dalam keterangan tertulis, Rabu (17/3/2021).

Lebih lanjut Pdt. Jacky mengatakan, peserta vaksinasi yang didominasi oleh rohaniawan dan warga gereja senior datang dari berbagai latar belakang. 

“Bahkan banyak peserta berasal dari latar belakang agama lain. Ini membuktikan bahwa PGI adalah rumah bersama bagi semua tanpa membedakan latar belakangnya.” ujar Pdt. Jacky.

“Kami berterima kasih terhadap Menteri Kesehatan dan jajarannya, yang memberikan kesempatan pada PGI dan gereja-gereja untuk berpartisipasi sebagai mitra dalam pelaksanaan vaksinasi serta kegiatan-kegiatan lain terkait penanggulangan pandemi Covid 19. Kami siap menopang kegiatan ini sambil terus berdoa semoga Tuhan memampukan semua pemimpin dan masyarakat Indonesia untuk bahu membahu menanggulangi pandemi Covid 19,” sambungnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, yang hadir di PGI pada hari pertama vaksinasi, Kamis (4/3), menyampaikan terima kasih atas kegiatan yang telah dilaksanakan bersama PGI. Menurutnya begitu banyak lansia yang harus divaksinasi, dan tidak mungkin pemerintah melakukannya sendiri.

“Tidak mungkin kita melaksanakannya hanya dalam bentuk program, tetapi harus bersama seluruh komponen bangsa. Sebab itu kami bersyukur atas prakarsa PGI ini.” kata Menkes.

Pelaksanan vaksinasi tahap pertama di PGI ini didukung oleh tenaga medis dari  RS PGI Cikini, TS UKI, Persatuan Dokter GBI dan lembaga mitra lainnya. Penyuntikan tahap kedua kepada mereka direncanakan tetap akan berlangsung di Grha Oikoumene.

Sementara itu PGI juga sedang mengupayakan agar pelaksanaan vaksinasi ini dapat dilaksanakan di beberapa lokasi lainnya, seperti JPCC, Yayasan Penabur, GKI Pondok Indah, dan lain-lain, agar lebih banyak warga yang bisa dijangkau.

Rekomendasi