Menkes Budi Gunadi Sadikin: Habis Divaksin Jangan Seperti 'Superman', Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

| 17 Mar 2021 14:47
Menkes Budi Gunadi Sadikin: Habis Divaksin Jangan Seperti 'Superman', Tetap Patuhi Protokol Kesehatan
Dok. BPMI

ERA.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, kekebalan tubuh manusia bisa terbentuk secara optimal selang 28 hari, setelah menerima vaksinasi Covid-19 dosis kedua.

Maka itu, Budi Gunadi meminta agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan saat menjalankan aktivitas meski sudah dua kali disuntik vaksin Corona. Mengingat seseorang yang sudah divaksinasi juga masih bisa menulari virus corona bila terjangkit.

"Kalau habis disuntik jangan seperti superman, jalan-jalan ke mana-mana nggak pakai masker. Kekebalan optimal dari antibodi kita di hari 28 sesudah vaksin kedua," kata Budi Gunadi dalam keterangan tertulis, Rabu (17/3/2021).

Menurut Budi, vaksinasi virus corona sangat penting untuk dilakukan, agar manusia memiliki antibodi terhadap virus corona. Sehingga, antibodi tersebut bisa melawan dengan mudah virus corona apabila menulari manusia.

"Mudah-mudahan kalau kita terkena virusnya lebih cepat hilangnya, lebih cepat matinya, sehingga kita nggak masuk ke rumah sakit. Kalau masuk rumah sakit pun nggak dirawat lama. Karena memang antibodi kita sudah ada," ucap Budi.

Budi Gunadi juga sempat menyinggung bahwa semua orang yang sudah divaksinasi tidak secara serta merta berubah menjadi superhero yang kebal dari semua virus berbahaya.

"Lalu yang terjadi adalah apakah masih bisa tertular? Masih. Kita nggak tiba-tiba jadi superman yang semua virus nggak bisa infeksi kita, termasuk Covid-19," ucapnya.

Rekomendasi