Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun, Buruh Berduka, Tokoh SBSI Muchtar Pakpahan Meninggal Dunia

| 22 Mar 2021 07:01
Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun, Buruh Berduka, Tokoh SBSI Muchtar Pakpahan Meninggal Dunia
Muchtar Pakpahan (Dok. SBSI)

ERA.id - Kabar duka datang dari tokoh buruh Muchtar Pakpahan. Ia dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (21/3) di usia 67 tahun. Almarhum mengembuskan napas terakhirnya di RS Siloam, Semanggi, Jakarta. 

Ucapan duka pun mengalir di Twitter, salah satunya ditulis Direktur Eksekutif Migrant Care, Wahyu Susilo.

“Selamat jalan bang Muchtar Pakpahan. Keberanianmu mendirikan Serikat Buruh Sejahtera Indonesia saat rezim Orde Baru hanya mengakui SPSI adalah teladan perlawanan,” tulisnya di akun @wahyususilo, Senin (22/3/2021).

Muchtar Pakpahan lahir di Bah Jambi II, Simalungun, Sumatera Utara, 21 Desember 1953. Almarhum adalah tokoh buruh Indonesia yang mendirikan serikat buruh independen pertama di Indonesia. 

Semasa hidupnya, Muchtar memimpin Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) dari 1992 hingga 2003. Selanjutnya menjabat Ketum DPP Partai Buruh (2003-2010). Lantas sejak 2012 kembali memimpin SBSI, hingga sekarang.

Pria yang telah memperoleh berbagai penghargaan hak asasi manusia internasional itu juga semasa hidupnya aktif sebagai pengacara di firma hukumnya, Muchtar Pakpahan Associates. Dia juga mengajar di Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI). 

Rekomendasi