'Perang' Poster Puan-Moeldoko dan JK-AHY untuk Pilpres 2024 Ternyata Hoaks

Tim Editor

Poster dukungan capres-cawapres (Dok Istimewa)

ERA.id - Belakangan banyak beredar poster bertajuk deklarasi dukungan pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Menariknya, poster tersebut memasang wajah Ketua Umum Partai Demokrat versi kongres luar biasa (KLB) Sumatera Utara Moeldoko berpasangan dengan Ketua DPR RI Puan Maharani. Disebutkan, Puan menjadi calon presiden dan bakal didampingi oleh Moeldoko di Pilpres 2024.

Tak lama, beredar pula poster dukungan deklarasi untuk Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon wakil presiden mendampingi mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Kedua poster tersebut, telah dikonfirmasi merupakan hoaks. Namun, baik kubu Moeldoko, maupun kubu AHY saling menuding ada oknum yang sengaja memperkeruh suasana. Seperti diketahui Partai Demokrat sedang digoyang isu internal.

Poster Deklarasi Dukungan Puan-Moeldoko

Dalam poster deklarasi dan dukungan terhadap Ketua DPR RI Puan Maharani dan KSP Moeldoko sebagai calon pasangan presiden-wakil presiden untuk Pilpres 2024, nampak Puan dan Moeldoko kompak memakai baju berwarna putih. Tertulis acara deklarasi dan dukungan akan digelar pada Senin (29/3/2021) di The Royal Ballroom JW Marriott Hotel, Surabaya, Jawa Timur. 

ERA.id telah mencoba menghubungi nomor kontak yang tertera pada poster tersebut, namun nomor yang dituju tidak dapat dihubungi. Sedangkan saat mengonfirmasi mengenai poster tersebut kepada politisi Partai Demokrat versi KLB Sumut Ilal Ferhard dengan tegas membantah. Dia menyebut poster tersebut merupakan hoaks atau berita bohong.

"Hoaks itu (poster deklarasi Puan-Moeldoko 2024)," ujar Ilal saat dikonfirmasi ERA.id beberapa waktu lalu.

Terkait siapa oknum yang menyebarkannya, Ilal meyakini hal itu dilakukan oleh buzzer. Namun, dia tak menyebut lebih jauh pendengung apa dan siapa yang dimaksud. Adapun dalam poster tersebut, tertulis acara diselenggarakan oleh kelompok dengan atas nama Pro Bakti NKRI.

"Sepertinya (disebar) tim buzzer," kata Ilal.

Poster JK-AHY Juga Hoaks, Tuding Kubu Moeldoko yang Menyebar

Setali tiga uang, poster deklarasi dukuangn untuk JK dan AHY juga terkonfirmasi hoaks. Adapun dalam poster tersebut tertulis deklarasi dukugan digelar pada Senin (22/3/2021) di Hotel Fairmount, Jakarta pada pukul 13.00-16.00 WIB.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menuding poster tersebut hoaks yang sengaja ditebar oleh kubu KLB Demokrat Deli Serdang. 

"Para pelaku GPK-PD ini memang kerjanya menebar fitnah dan kabar bohong. Yang kebelet dan berambisi ingin jadi capres 2024 dengan cara menjadi Ketua Umum Parpol secara paksa itu siapa? Siapa yang berambisi, siapa yang dituduh," ujar Herzaky dalam keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu.

Herzaky menegaskan, pihaknya saat ini sedang fokus bekerja membantu rakyat menghadapi pandemi COVID-19. Selain itu, juga sedang berjuang keras bersama penggiat demokrasi dan HAM, maupun masyarakat secara umum, untuk menjaga agar demokrasi di Indonesia tetap kondusif. 

Dia mengatakan, tak mau ambil pusing dengan narasi-narasi yang digulirkan oleh kubu KLB Deli Serdang. "Jadi, silakan yang lain menebar kabar bohong, membuat poster aneh-aneh, kami tetap fokus pada kerja-kerja nyata membantu rakyat," pungkasnya.

Tag: moeldoko puan maharani jusuf kalla berita hoaks ahy hoaks pilpres 2024

Bagikan: