Beredar Foto Tangan Rizieq Shihab Terkilir dan Lebam Akibat Dipelintir Petugas, Fakta atau Hoaks?

| 24 Mar 2021 11:58
Beredar Foto Tangan Rizieq Shihab Terkilir dan Lebam Akibat Dipelintir Petugas, Fakta atau Hoaks?
Rizieq Shihab dipaksa masuk ke ruang sidang virtual. (Foto: ERA.id)

ERA.id - Sebuah akun YouTube bernama TITIK TUMPU mengunggah video yang menyebut bahwa tangan Rizieq Shihab terkilir dan lebam karena dipelintir petugas untuk menghadiri persidangan online yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Timur (Jaktim), Jumat (19/3).

Video itu diberi judul, "GEMPAR!!! - TANGAN HABIB RIZIEK DIPELINTIR UNTUK MENGHADIRI PERSIDANGAN HINGGA TERKILIR DAN LEBAM." Terdapat juga sebuat narasi dalam thumbnail video yang menyebut, "HRS JELAS DIDZOLIMI, TANGAN DIPELINTIR OLEH PETUGAS HINGGA LEBAM."

Namun, setelah ditelusuri, klaim yang menyebut tangan Rizieq Shihab lebam karena dipelintir petugas adalah salah. Faktanya, foto tersebut telah diedit.

Dikutip dari medcom.id, Foto itu sebenarnya memperlihatkan suasana Rizieq saat tiba di Polda Metro Jaya pada Sabtu 12 Desember 2020. Pada foto itu tidak terlihat pergelangan Rizieq mengalami lebam atau memar.

Foto yang sama juga pernah diunggah Okezone.com. Foto diabadikan jurnalis Ari Sandita Murti dari Sindonews.com.

Sementara foto diklaim tangan Rizieq Shihab dipelintir adalah suasana saat eks pentolan Front Pembela Islam (FPI) itu masuk ruang persidangan virtual di Mabes Polri.

Saat itu, majelis hakim PN Jaktim meminta petugas untuk menghadirkan Rizieq Shihab dalam sidang virtual. Namun, Rizieq Shihab menolak dan akhirnya dijemput paksa.

Sementara itu, klaim bahwa tangan Rizieq Shihab lebam pun hingga saat ini belum ada informasi yang menyatakan hal tersebut. Bahkan tidak ada keterangan resmi dari pihak kedokteran terkait kondisi tangan Rizieq Shihab.

Melihat penjelasan di atas artinya klaim tangan Rizieq Shihab terkilir dan lebam adalah salah. Faktanya, foto tersebut merupakan editan. Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content atau konten yang menyesatkan.

Rekomendasi