Mudik 2021 Dilarang Pemerintah, Jadwal Cuti Lebaran Cuma Sehari

| 26 Mar 2021 16:27
Mudik 2021 Dilarang Pemerintah, Jadwal Cuti Lebaran Cuma Sehari
Ilustrasi (era.id)

ERA.id - Pemerintah resmi melarang mudik lebaran tahun 2021. Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung menjadi alasan pemerintah mengeluarkan larangan tersebut. 

"Mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021 masyarakat dilarang mudik Lebaran," kata  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai menggelar rapat tingkat menteri, Jumat (26/3/2021).

Muhadjir mengatakan, keputusan itu diambil untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 seperti yang tejadi sebelumnya yakni pada beberapa kali masa libur panjang, termasuk saat libur Natal dan Tahun Baru 2020.

“Sesuai arahan Bapak Presiden dan hasil keputusan rapat koordinasi tingkat menteri maka ditetapkan bahwa tahun 2021 mudik ditiadakan,” ucapnya. 

Muhadjir menekankan larangan mudik Lebaran tidak hanya berlaku kepada ASN, pegawai BUMN, maupun TNI/Polri, tetapi juga bagi pegawai swasta dan seluruh masyarakat Indonesia. 

Hal tersebut sekaligus untuk memaksimalkan manfaat dari pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.

Mengenai cuti bersama Idul Fitri tetap diberlakukan yaitu 12 Mei 2021. Namun, masyakat tetap diimbau untuk tidak melakukan pergerakan atau aktivitas kegiatan yang berpotensi menaikkan angka kasus penularan dan keterpaparan Covid-19. 

“Untuk imbauan supaya tidak bepergian kecuali dalam keadaan urgent," ujarnya.

Dia menjelaskan, mekanismenya untuk pergerakan orang dan barang pada masa Idul Fitri itu akan diatur oleh kementerian/lembaga terkait dan untuk kegiatan keagamaan dalam rangka menyambut Ramadan dan Idul Fitri juga akan diatur oleh Kemenag berkonsultasi dengan MUI dan organisasi-organisasi keagamaan yang ada. 

Rekomendasi