Refly Harun: Kasus Rizieq Shihab Tidak Pantas Disidangkan!

| 21 Apr 2021 17:23
Refly Harun: Kasus Rizieq Shihab Tidak Pantas Disidangkan!
Refly Harun (Tangkapan Layar)

ERA.id - Ahli hukum tata negara, Refly Harun angkat bicara terkait peringatan tegas dari politisi senior Amien Rais.

Sebelumnya, Amien Rais menyatakan jangan sampai kalimat ajakan ‘Hayya Alal Jihad’ keluar dari mulut Habib Rizieq karena dianggap bisa memunculkan dampak besar.

Sebelumnya, salah pendiri partai Ummat tersebut mengaku miris dan prihatin melihat jalannya sidang yang menurutnya tidak adil bagi Habib Rizieq.

Menanggapi hal tersebut, Refly Harun sepakat dengan Amien Rais dan menilai jika Habib Rizieq Shihab sama sekali tidak pantas untuk disidang.

"Kalau pendapat saya, sudah saya kemukakan berkali-kali, Habib Rizieq Shihab (HRS) tidak pantas untuk disidangkan seperti sekarang ini," ujar Refly Harun dikutip dari Youtube Refly Harun pada Selasa (20/4/21).

Baginya sidang pengadilan HRS dinilai banyak mengeluarkan energi, seharusnya masih banyak kasus-kasus penting yang seharusnya ditindaklanjuti.

“Kasus HRS tidak pantas disidangkan, menghabiskan energi,Karena orang kritis itu tidak membahayakan, yang membahayakan itu koruptor. Tapi, orang kritis membahayakan koruptor atau penguasa yang korup,” kata Refly.

Selanjutnya Refly mengatakan, semakin kekuasaan dilingkari dengan kepentingan-kepentingan politik, terutama soal kekuasaan politik dan ekonomi, lanta kekuasaan itu semakin tidak suka dengan orang-orang kritis.

“Tapi semakin kekuasaan itu dilingkari orang-orang baik, orang-orang yang ikhlas, maka orang kritis akan mendapatkan tempat, karena orang kritis akan menjadi pengingat,” ujar Refly.

“Apa yang diperingatkan Amien Rais ini mudah-mudahan bisa menjadi perhatian hakim,” sambungnya.

Diketahui, Habib rizieq Shihab terlibat dalam kasus kerumunan di Petamburan dan Megamendung juga tes swab di RS Ummi Bogor, hingga saat ini diketahui proses persidangan Habib rizieq masih berlanjut.

Rekomendasi