Saling Lempar Tanggung Jawab Nasib 75 Pegawai KPK Tak Lulus Tes Wawasan Kebangsaan

| 05 May 2021 20:36
Saling Lempar Tanggung Jawab Nasib 75 Pegawai KPK Tak Lulus Tes Wawasan Kebangsaan
Tjahjo Kumolo (Gabriella/era.id)

ERA.id - KPK menyerahkan nasib 75 pegawainya yang tak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI.

Menanggapi hal tersebut, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo mengaku bingung mendapatkan limpahan tanggung jawab dari KPK. Dia mengatakan sejak awal ujian seleksi ASN itu merupakan masalah internal KPK. Dia megaku tidak tahu jika KPK akan berkomunikasi dengan KemenPAN-RB.

"Kok dikembalikan ke PAN-RB, dasar hukumnya apa? Ini kan intern rumah tangga KPK. Saya tidak tahu, sejak awal kan ini masalah intern KPK," ujar Tjahjo kepada wartawan, Rabu (5/5/2021).

Tjahjo menjelaskan, ujian seleksi ASN bagi pegawai KPK merupakan peraturan dari komisioner KPK yang bekerja sama dengan BKN. Sedangkan hasil ujian diserahkan langsung kepada pimpinan KPK.

Dengan demikian, keputusan terkait hasil TWK berada di tangan pimpinan KPK, bukan diserahkan kepada KemenPAN-RB.

"Dasar tes pegawai KPK adalah peraturan komisioner kpk KemenPAN-RB tidak ikut dalam proses test wawasan kebangsaan tersebut kerjasama KPK dengan BKN, keputusan dari tim wawancara test, hasil diserahkan ke pimpinan KPK, ya sudah selesai," kata Tjahjo.

Rekomendasi