Kiprah "Slank": Bakal Dukung KPK Walau Gitarisnya Jadi Komisaris Telkom

Tim Editor

Abdee "Slank"

ERA.id - Abdi Negara Nurdin atau akrab disapa Abdee "Slank" kini duduk empuk di kursi Komisaris Independen PT Telkom usai ditunjuk Menteri BUMN, Erick Thohir, Jumat (28/5/2021) kemarin.

Abdee sendiri memang dikenal sebagai loyalis Jokowi pada 2014 sampai sekarang. Ia banyak terlibat dalam proyek-proyek hiburan yang digarap pemerintahan Jokowi-Jk dan Jokowi-Ma'ruf.

Sebelum itu, terakhir pada 2017 silam, Abdee bersama bandnya, Slank, manggung di KPK dan terlihat kritis kepada DPR soal hak angket. Waktu itu, Jokowi dan Prabowo masih bertolak belakang dan beberapa partai di DPR masih jadi oposisi.

Di sana, Slank lewat Kaka menyatakan dukungan atas KPK. Slank tak ingin ada pihak yang mau melemahkan KPK. "Sesuai temanya sore hari ini mini konser maju terus pantang mundur kita, Slank, 100 persen suport KPK maju terus pantang mudur, enggak boleh ada yang melemahkan," ujar Kaka.

Sementara Bimbim mengatakan, lembaga KPK adalah harapan. "Kita anggap KPK hope, (dan) mimpi (dari) suatu kumpulan, suatu kelompok, suatu bangsa. Kalau mimpinya dihilangkan, bisa bubar. Jadi hari ini datang supaya meyakinkan diri dan teman-teman di KPK harapan ini jangan hilang," ujar Bimbim. 

Acara di KPK itu pun diklaim atas inisiatif Slank. Saat ditanya apakah ada pesan Slank untuk Pansus Hak Angket KPK, Bimbim menyatakan Slank bisa berbicara lewat lagu dan lirik. Bimbim juga bilang, akan berbahaya, kalau kelompok musisi seperti mereka diam terhadap korupsi.

Setelahnya, Slank terus dicari-cari, banyak netizen serta publik yang berharap agar Slank atau Abdee pribadi, terus bersuara di tengah polemik KPK, apalagi saat UU KPK direvisi dan yang terbaru soal TWK yang dianggap upaya menyingkirkan Novel Baswedan Cs.

Bagaimana tanggapan Slank soal isu di atas? Ivanka lalu bersuara. “Kita berada paling depan pada saat KPK tidak ada yang dukung. Tapi sekarang semua orang sudah mendukung KPK dengan pemberantasan korupsinya. Sampai sekarang tidak ada yang berubah dengan Slank. Tapi ternyata penyebar fitnah lebih banyak pendukungnya. Fix tanda-tanda akhir jaman semakin dekat,” tutur Ivanka yang menanggapi tagar trending #slankpenipu di Twitter beberapa waktu yang lalu.

Abdee Negara

Lalu kapan Abdee terakhir membahas soal korupsi secara terang-terangan? Tepatnya pada 29 September 2019. Lewat akun Twitternya, Abdee menulis kalau ia akan terus berjuang.

"Baru buka twitter ternyata banyak yg nanya saya kemana aja :) Alhamdulillah saya baik2 aja, Bersama teman2 tetap berjuang utk NKRI bebas dari korupsi. Banyak cara berjuang, protes di jalan atau di media sosial adalah salah satu pilihan," tulis Abdee.

Cuitan itu pun lalu viral. Banyak yang menyarankan kalau sebaiknya Abdee dan Slank kini menyuarakan soal KPK yang masih dideru berbagai permasalahan. Banyak pula yang menganggap langkah Slank dan Abdee sudah selesai dalam hal mengkritik pemerintah.

"Ada udang di balik, balik batu. Bikin hati senang, padahal dia ada mau..... Ini salah satu lagu Slank favorit saya dulu. Penuh dg kritik sosial yg membangun. Sekarang? Semoga teman2 Slank tetap konsisten berjuang untuk NKRI bebas dari korupsi. #Abdee," tulis akun Twitter @Herzaky_ yang juga kader Demokrat.

Walau penuh kontroversi, Abdee tetap disanjung fans Jokowi. Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf malah mendukung penunjukan Abdee sebagai Komisaris Independen Telkom.

Triawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (29/5/2021), mengatakan bahwa penunjukan Abdee Negara merupakan hal yang pantas karena kiprah gitaris Slank tersebut selama ini sudah melampaui kapasitas sebagai seorang musisi.

"Selain matang di industri musik dan hiburan, Abdee yang saya kenal sejak tahun 2005, sudah membuktikan eksistensi di organisasi masyarakat dan pemerintah. Selain aktif dalam kegiatan sosial, lingkungan hidup, gerakan anti Narkoba serta gerakan anti Korupsi, ia mendukung setiap semangat perubahan. Saya yakin ia akan mendorong dan memberikan semangat baru bagi Telkom," ujar Triawan.

Tag: telkom komisaris BUMN abdee slank

Bagikan: