Tiga Kali Absen, Aziz Syamsuddin Mendadak Muncul di Sidang Paripurna DPR Hari Ini

| 31 May 2021 11:22
Tiga Kali Absen, Aziz Syamsuddin Mendadak Muncul di Sidang Paripurna DPR Hari Ini
Rapat Paripurna DPR

ERA.id - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin akhirnya menghadiri Rapat Paripurna DPR RI Masa Persidangan V Tahun Sidang 2020-2021 pada Senin (31/5/2021). Adapun Rapat Paripurna pembukaan masa sidang V pada 6 Mei lalu.

Selain Azis, seluruh pimpinan DPR RI tampak menghadiri Rapat Paripurna hari ini. Antara lain Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua DPR RI Sufmo Dasco Ahmad, Muhaimin Iskandar, dan Rachmad Gobel.

Namun, Azis tak lama mengikuti Rapat Paripurna. Dia sudah tak terlihat lagi di meja pimpinan saat Menteri Keuangan Sri Mulyani membacakan tanggapan pemerintah terhadap pandangan fraksi-fraksi atas kerangka ekonomi makro (KEM) dan pokok-pokok kebijakan fiskal RAPBN tahun anggaran 2022.

Puan mengatakan, Rapat Paripurna hari ini dihadiri 348 orang anggota dari jumlah seluruh anggota DPR RI yaitu 575 orang. Dengan rincian, 63 orang hadir fisik dan 285 virtual hadir secara virtual.

"Menurut catatan dari kesekjenan daftar hadir pada kesenpatan ini adalah 63 fisik, 285 virtual dan sehingga sudah mencapai kuorum 348 orang anggota dengan demikian kuorum telah tercapai," kata Puan.

Diberitakan sebelumnya, Azis Syamsuddin tercatat sudah tiga kali absen dari Rapat Paripurna. Diduga ketidakhadirannya terkait kasus suap antara penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju dan Wali Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara M Syahrial.

Azis disebut berperan mengenalkan Stepanus Robin Pattuju kepada Wali Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara M Syahrial di kediamannya.

Politisi Golkar tersebut sempat memenuhi panggilan dari Dewan Pengawas Komisi Pembertantasan Korupsi (Dewas KPK) sebagai saksi dalam sidang etik yang menjerat seorang penyidik lembaga antirasuah Stepanus Robin Pattuju.

"Saya ikut proses yang ada aja," katanya kepada wartawan sebelum meninggalkan kantor Dewan Pengawas KPK, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (25/5).

Rekomendasi