Penceramah dan Pendakwah Bakal Dibekali Wawasan Kebangsaan oleh Kemenag

Tim Editor

Menag Yaqut Cholil Qoumas (Dok. kemenag)

ERA.id - Kementerian Agama rencananya akan mengandeng organisasi masyarakat (ormas) Islam untuk melaksanakan pelatihan bagi para penceramah soal kompetensi wawasan kebangsaan.

Hal itu diungkapkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Dia mengatakan, sertifikasi para dai itu bertujuan agar para penceramah memiliki pengetahuan moderasi beragama dan wawasan kebangsaan.

Disebutkan Gus Yaqut, sertifikasi yang akan dilakukan itu bukan seperti yang dibayangkan oleh orang-orang.


"Jadi dai dikumpulkan oleh Kementerian Agama (Kemenag), diberikan wawasan kebangsaan dan moderasi beragama, kemudian dikasih sertifikat. Sertifikatnya menjadi modal untuk berceramah, bukan begitu," kata Gus Yaqut dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Agama RI, seperti dikutip Selasa (1/6/2021).

Kemenag akan melaksanakan pelatihan wawasan kebangsaan tersebut bukan sertifikasi. Kemenag hanya memberikan wawasan kebangsaan dan moderasi beragama. Itu pun dilakukan dengan berkordinasi dengan ormas-ormas Islam.

"Kami tahu, selain keterbatasan sumber daya yang kami punya, tentu pemahaman keagamaan kita tentu beragam atau belum memenuhi kualifikasi, bisa saja," lanjutnya.

Gus Yaqut memastikan pemerintah berusaha untuk untuk memberikan pemahaman atau tambahan wawasan kepada da'i ketika menyampaikan ajaran-ajaran Islam kepada publik.  

"Karena kita tahu agama Islam itu sendiri agama yang penuh kasih, cinta damai dan agama yang menolak hal-hal yang bersifat destruktif," ucap Gus Yaqut.

Tag: kemenag penceramah bersertifikat Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Bagikan: