Terungkap! Dilarang WHO untuk Pasien COVID-19, FLCCC: Ivermectin Obat Paling Aman di Dunia

| 28 Jun 2021 17:18
Terungkap! Dilarang WHO untuk Pasien COVID-19, FLCCC: Ivermectin Obat Paling Aman di Dunia
Ivermectin (Brazilian report)

ERA.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ternyata tidak memberikan izin penggunaan ivermectin kepada pasien COVID-19. Front Line Covid Critical Care atau FLCCC Alliance menilai anjuran tersebut tidak tepat, sebab Ivermectin dinilai dapat menghambat penanganan COVID-19.

Chief Medical Officer FLCCC Alliance Pierre Kory mengatakan dalam uji coba dan pengalaman penggunaan ivermectin di berbagai negara, obat ini terbukti aman. Bahkan meskipun jika dikonsumsi setiap hari untuk pengobatan dan setiap pekan untuk pencegahan.

Seperti diketahui, Ivermectin merupakan obat cacing. Sementara umumnya obat cacing digunakan satu tahun sekali, dan pada beberapa kasus seseorang diharus mengonsumsi setidaknya 6 bulan sekali.

"Dosis tinggi pun terbukti tidak memberikan efek samping. Ini (ivermectin) bahkan masuk ke dalam obat-obatan paling aman di dunia industri obat-obatan," ujarnya dalam diskusi virtual, Senin (28/6/2021)

Menurut data FLCCC penggunaan ivermectin untuk pasien COVID-19 telah dilakukan oleh 33 negara. Antara lain Brazil, Zimbabwe, Jepang, dan India. Bahkan, 15 negara sudah berhasil mengatasi kasus COVID-19 di negaranya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko mengaku sudah menyebarkan obat ivermectin ke sejumlah daerah. Ia pun mengklaim, ivermectin manjur dalam menangani pasien COVID-19 di antaranya Depok higga Semarang Timur.

"Berdasarkan data sementara laporan di lapangan atas hasil yang dilakukan oleh HKTI di beberapa daerah terhadap penggunaan ivermectin. Di Kota Tangerang, Jaktim, Depok, Bekasi menghasilkan tingkat kemanjuran yang hampir diseluruh daerah mendekati 100 persen untuk menurunkan COVID-19," katanya.

Rekomendasi