Prabowo Dikabarkan Konsumsi Ivermectin untuk Cegah COVID-19, Dahnil Hingga Dasco Kompak Membantah

Tim Editor

Prabowo Subianto (Dok. Instagram prabowo)

ERA.id - Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto disebut rutin mengonsumsi obat Ivermectin selama empat bulan terakhir. Hal itu diungkapkan Vice President PT Harsen Laboratories yang merupakan produsen Ivermectin, Sofia Koswara.

Menanggapi pernyataan tersebut, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad tegas membantah. Menurutnya, Prabowo tak pernah mengonsumsi obat anti parasit tersebut sebagai terapi pencegahan COVID-19.

"Tidak benar bahwa Pak Prabowo telah mengonsumsi Ivermectin. Saya sudah tanyakan langsung ke beliau dan beliau membantah telah mengonsumsi obat itu. Pak Prabowo sama sekali belum pernah mengonsumsi obat itu," ujar Dasco dalam keterangan tertulis yang dikutip Selasa (29/6/2021).


Dasco mengatakan, pernyataan Sofia itu menyesatkan dan harus segera dicabut. Sebab dapat menimbulkan kesesatan informasi karena tidak sesuai dengan fakta.

"Itu pernyataan tidak benar dan berita menyesatkan. Saya minta pernyataan itu dicabut karena tidak sesuai fakta. Jangan sampai masyarakat mendapat informasi yang tidak benar," kata Dasco.

Pada kesempatan terpisah, Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak juga membantah pernyataan Sofia. Dia memastikan, Prabowo tak pernah mengonsumsi Ivermectin untuk terapi pencegahan COVID-19 seperti yang diklaim Sofia.

"Keterangan tersebut tidak benar. Pak Prabowo tidak mengonsumsi obat tersebut untuk pencegahan atau untuk pengobatan lainnya," kata Dahnil kepada wartawan, Selasa (29/6).

Dahnil menambahkan, dokter pribadi Prabowo yaitu Benny Octavianus juga membantah klaim tersebut. Kata Dahnil, Benny menyatakan tak pernah menyampaikan kepada Sofia jika Prabowo menggunakan Ivermectin.

"Dokter Benny yang menjadi sumber informasi pihak perusahaan tersebut juga telah membantah klaim tersebut ke kami. Beliau menyatakan tidak pernah menyampaikan bahwa Pak Prabowo mengkonsumsi obat tersebut," tegasnya.

Sebelumnya, Vice President PT Harsen Laboratories yang merupakan produsen Ivermectin, Sofia Koswara mengklaim  Menteri Pertahanan Prabowo Subianto rutin meminum Ivermectin yang merupakan obat untuk indikasi kecacingan tersebut atas rekomendasi Staf Khusus dan Dokter Pribadinya, Benny Octavianus.

"Dokter sudah memberi pasiennya yang tercinta Pak Menhan Prabowo dengan Ivermectin untuk pencegahan selama empat bulan terakhir ini," kata Sofia dalam acara daring, Senin (28/6).

Tag: prabowo subianto covid-19 Sufmi Dasco Ahmad Dahnil Anzar Simanjutak Ivermectin

Bagikan: