Momen Jokowi Mulai Berkampanye: Saat Ini Semua Wajib Pakai Masker

| 19 Jul 2021 09:54
Momen Jokowi Mulai Berkampanye: Saat Ini Semua Wajib Pakai Masker
Presiden Joko Widodo (Dok. BPMI)

ERA.id - Presiden Joko Widodo mulai berkampanye soal protokol kesehatan. Dia mengimbau masyarakat mulai saat ini wajib memakai masker.

Hal tersebut dia sampaikan melalui video berdurasi 19 detik yang diunggah akun YouTube Sekretariat Presiden pada Minggu (18/7) malam.

"Bapak ibu, saudara-saudara, saat ini semua wajib memakai masker," ucap Jokowi.

Dalam video tersebut, terlihat Jokowi mempraktikkan cara memakai masker. Sejumlah potongan video kunjungannya ke beberapa tempat saat meninjau vaksinasi COVID-19, serta fasilitas kesehatan pun ditampilkan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyampaikan rasa optimisnya bahwa Indonesia mampu menghadapi pandemi COVID-19.

"Kita pasti bisa menghadapi pandemi ini, Indinesia pasti bisa," tegasnya.

Sebelumnya, saat membuka Rapat Terbatas Kabinet Indonesia Maju pada 16 Juli 2021, Jokowi sempat menegur Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) yang kurang gencar mengkampanyekan pemakain masker kepada masyarakat.

Jokowi menekankan, sejak awal adanya pandemi COVID-19 di Tanah Air,  dia telah meminta BNPN untuk bekerja keras mengkampanyekan pemakaian masker. Selain itu, dia juga meminta BNPB membagikan masker kepada warga.

"Seperti yang saya minta sejak awal, BNPB bekerja keras betul urusan yang berkaitan berkaitan dengan memberi masker, kampanye masker yang saya lihat sampai saat ini belum," kata Jokowi dalam video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Sabtu (17/7/2021).

Jokowi menegaskan, pemakaian masker selama pandemi COVID-19 adalah salah satu cara untuk menekan laju penyebaran virus Corona. Terlebih, saat ini penularan mulai banyak terjadi di klaster keluarga.

"Karena klasternya sudah masuk ke keluarga, kuncinya itu justru adalah urusan memakai masker. Kedisiplinan protokol kesehatan memakai masker terutama," kata Jokowi.

Rekomendasi