Saat Luhut Klaim Penurunan Kasus COVID-19 karena PPKM Darurat

| 25 Jul 2021 06:55
Saat Luhut Klaim Penurunan Kasus COVID-19 karena PPKM Darurat
Luhut Binsar Panjaitan (Antara)

ERA.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, telah terjadi tren penurunan kasus aktif Covid-19 sejak minggu pertama PPKM Darurat di DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Saya minta pada teman-teman sekalian, meskipun ada penurunan dibandingkan dengan minggu pertama penerapan PPKM, tren penurunan mobilitas dan aktivitas tetap harus dipertahankan," kata Luhut dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/7).

Dijelaskan Luhut, upaya mempertahankan penurunan mobilitas dan aktivitas berpengaruh besar terhadap penurunan kasus aktif. Hal itu didasari pada variabel laju transmisi kasus, respons kesehatan dan kondisi sosiologis masyarakat.

"Dengan menggunakan dasar tersebut, akan menjadi bahan evaluasi penurunan level PPKM pada suatu daerah," ucap Luhut.

Luhut meminta, pemerintah daerah di wilayah Jawa dan Bali agar terus memperketat dan memberikan edukasi soal disiplin prokes kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu juga, Luhut memaparkan tren penurunan indeks komposit yang signifikan pada wilayah DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Menurutnya, sebagian besar wilayah telah melewati puncak kasus dan mulai mengarah menurun.

Akan tetapi, ia mengingatkan angka kematian yang tinggi harus diwaspadai.

"Terkait Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, saya minta buatkan laporan khusus penyebab tingginya angka kematian, berikan juga usulan upaya untuk menurunkan angka kematian tersebut," tandasnya.

Rekomendasi