Kasus COVID-19 dan Kematian Tinggi, Luhut Sebut 4 Daerah Butuh Perhatian Khusus, Mana Saja?

Tim Editor

Ilustrasi tes Covid-19 (Dok. Antara)

ERA.id - Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan ada empat daerah yang membutuhkan perhatian khusus dalam penanganan COVID-19. Diantaranya Bali, Malang Raya, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Solo Raya.

"Ada beberapa daerah yang memang dibutuhkan perhatian khusus karena masih tingginya jumlah kasus terkonfirmasi positif dan juga jumlah kematian warganya, seperti Bali, Malang Raya, DIY, dan Solo Raya," kata Luhut dalam konferensi pers, Senin (2/8/2021).

Ia memastikan daerah-daerah tersebut telah ditangani. Sehingga seharusnya pekan ini penanganan COVID-19 di 4 daerah tersebut akan membaik. Sebab hari ini indikatornya juga mulai sedikit membaik.


"Tapi kami sangat yakin dalam satu minggu ke depan ini akan tambah baik," katanya.

Menurutnya, 4 daerah tersebut membutuhkan penanganan khusus karena masih banyak masyarakat yang melakukan isolasi mandiri. Sehingga telat dilakukan perawatan intensif di rumah sakit.

"Akibatnya kematian karena saturasi oksigen mereka rata-rata di bawah 90," katanya.

Ia memastikan pemerintah juga telah melakukan berbagai intervensi untuk menurunkan angka kematian. Misalnya dengan membentuk taskforce untuk menjemput pasien yang positif dari rumah ke rumah dan membawa mereka ke isolasi terpusat.

"Pemerintah mendorong pembukaan isolasi terpusat di wilayah juga mendorong peran serta TNI Polri dan pemda untuk terlibat aktif melakukan 3T dan juga penjemputan kepada masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri agar tidak terjadi kondisi yang tak diinginkan," katanya.

Tag: luhut pandjaitan covid-19 angka kematian covid 19 PPKM Level 4

Bagikan: