Survei: Masyarakat Tak Ingin Lihat Acara Seremonial Pemerintah Selama Pandemi

| 09 Aug 2021 16:42
Survei: Masyarakat Tak Ingin Lihat Acara Seremonial Pemerintah Selama Pandemi
Ilustrasi vaksinasi (Dok. BPMI)

ERA.id - Masyarakat meminta pemerintah tak menggelar acara seremonial yang berpotensi menciptakan kerumunan selama pandemi COVID-19.

Hal ini berdasarkan rilis survei Litbang Kompas pada Senin (9/8/2021).

Dalam survei tersebut, responden diberi pertanyaan mengenai apa yang harus ditunjukan aparat pemerintah kepada masyarakat di tengah situasi pandemi saat ini.

Hasilnya, 43,4 persen responden menilai hal yang utama dilakukan pemerintah adalah memberikan contoh masyarakat. Dengan cara tidak mengadakan kegiatan seremonial pemerintahan yang dihadiri banyak orang.

Selain itu, sebanyak 36,3 persen responden meminta pemerintah menunjukan simpati dengan menyisihkan tunjangan atau penghasilan untuk membantu masyarakat.

Kemudian sebanyak 13,6 persen responden menilai pemerintah seharusnya memperhatikan simpati dengan tidak meminta atau menunjukan fasilitas kemewahan yang diterima. Sementara responden yang memilih lainnya sebesar 3,1 persen dan tidak tahu 3,6 persen.

Survei Litbang Kompas merupakan survei hasil wawancara telepon pada 3-6 Agustus 2021. Survei memiliki 514 responden yang diambil secara acak dari responden panel Litbang Kompas. Margin of error survei 4,32 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Rekomendasi