Pengerjaan Sirkuit Mandalika Diklaim Tercepat di Dunia, Kapan Bisa Mulai Dipakai?

Tim Editor

Seorang pekerja berada di tikungan ke 2 lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). (Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)

ERA.id - Direktur PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer mengatakan, pengerjaan lintasan utama "main track" Jalan Kawasan Khusus (JKK) yang menjadi lintasan sirkuit internasional Mandalika sepanjang 4,31 kilometer di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat merupakan yang tercepat di dunia.

"Pengerjaan sirkuit ini dimulai 15 Juni 2020 dan tuntas 15 Agustus 2021 atau satu tahun satu bulan dan ini yang tercepat di dunia. Kenapa kita cepat karena waktu itu kita mengejar MotoGP 2021," kata Abdulbar usai seremoni penyelesaian pekerjaan pengaspalan dan serah terima pertama pembangunan Mandalika Street Circuit yang digelar di area tikungan 2 dan 3 di The Mandalika, Minggu, (15/8/2021), melansir ANTARA.

Menurut dia, saat ini telah selesai dilaksanakan pemasangan concrete barrier dan pembangunan tunnel yang berfungsi sebagai akses penonton ke dalam area sirkuit, area layanan, hotel serta fasilitas lain di dalam area lintasan. Secara keseluruhan, pekerjaan konstruksi pembangunan Mandalika International Street Circuit sudah sekitar 92 persen. Fasilitas pendukung lainnya seperti race control dan pondasi pit building juga tengah dikerjakan.


"Saat ini juga tengah disiapkan medical center dilengkapi helipad di dalam sirkuit, dimana operasional dan penyediaan peralatan kesehatan untuk fasilitas medis ini didukung oleh Kementerian Kesehatan. Secara keseluruhan, pembangunan JKK telah mendekati 92 persen," katanya.

Oleh karena itu diharapkan secara keseluruhan seluruh areal sirkuit akan tuntas pada 12 September 2021 atau sebelum pelaksanaan event balap motor internasional FIM Superbike World Championship (WSBK) pada 12-14 November 2021.

Sementara dalam rangkaian kegiatan homologasi, telah dilakukan virtual assessment pada Kamis (12/8) yang diikuti oleh perwakilan dari Dorna Sport, Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan anak usaha ITDC, MGPA. Virtual assessment membahas homologasi Mandalika International Street Circuit merupakan virtual assessment pertama di dunia terhadap trek sirkuit yang dilakukan dengan cara yang sangat profesional.

"Kami sangat bersyukur dalam kegiatan assessment tersebut, Dorna Sport menyampaikan tanggapan dan kepercayaan yang positif atas progres pembangunan Mandalika International Street Circuit. Sehingga kami optimistis kami bisa menuntaskan penantian panjang selama 26 tahun, agar Indonesia kembali menjadi tuan rumah balap motor berkelas internasional," ucap Abdulbar.

Oleh karena itu, pihaknya kini fokus untuk meningkatkan fasilitas pendukung untuk menyambut pelaksanaan event balap motor internasional FIM Superbike World Championship (WSBK) pada 12-14 November 2021 mendatang. Sedangkan, dalam rangka menambah pasokan kamar di dalam kawasan, ITDC fokus mempercepat pembangunan Pullman Hotel The Mandalika. Saat ini, progres pekerjaan Pullman Hotel secara keseluruhan mencapai 78,77. Hotel ini ditargetkan akan mulai serah terima untuk dapat dioperasikan pada November 2021.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengaku bersyukur sirkuit internasional yang pernah digagas dan direncanakan tahun-tahun sebelumnya, kini telah terwujud di NTB. Bahkan rampungnya pengaspalan sirkuit sebagai hadiah yang dipersembahkan untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus tahun 2021.

"Kekhawatiran dan kegelisahan kita selama ini pupus seketika saat menyaksikan penyelesaian pengaspalan lintasan sirkuit Mandalika. Hari ini kita sudah buktikan bukan hanya untuk masyarakat Indonesia tapi di seluruh dunia bahwa NTB bisa mewujudkan sirkuit internasional," ucapnya.

Menurutnya, sirkuit belum pernah ada sebelumnya bisa diwujudkan dengan sirkuit berkualitas tidak kalah dari kualitas sirkuit-sirkuit terbaik di seluruh dunia. Begitu juga dengan pekerjaan pengaspalan sirkuitnya juga paling cepat dibandingkan dengan sirkuit internasional lainnya. Pemerintah provinsi akan terus menduking demi terwujudnya mimpi masyarakat NTB dan seluruh masyarakat Indonesia.

"Karena itu pak bupati, pak camat dan seluruh kepala desa di kawasan Mandalika harus siap dengan event internasional yang akan segera hadir," katanya.

Tag: moto gp surkuit mandalika

Bagikan: