Aksi Fly Pass Pesawat Tempur F-16 di Atas Istana Negara Meriahkan HUT ke-76 RI

| 17 Aug 2021 11:40
Aksi Fly Pass Pesawat Tempur F-16 di Atas Istana Negara Meriahkan HUT ke-76 RI
Pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dan 6 pesawat helikopter Tentara Nasional Indonesia (TNI) memeriahkan Peringatan HUT RI (Dok. Instagram militer.udara)

ERA.id - Pasukan TNI Angkatan Udara ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia dengan melakukan atraksi fly pass tepat di atas halaman Istana Negara, Jakarta, Selasa (17/8/2021).

Sebanyak delapan pesawat tempur F-16 yang berasal dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 16 dengan call sign Garuda Flight tersebut membentuk formasi arrow head. Atraksi tersebut dipimpin langsung oleh Letkol Penerbang Agus Dwiaryanto, alumni Akademi Angkatan Udara tahun 2002.

"Kami elang-elang muda Angkatan Udara penjaga Tanah Air dari ketinggian 1.000 kaki mengucapkan selamat ulang tahun ke-76 Kemerdekaan RI tahun 2021. Indonesia tangguh, Indonesia Tumbuh. Salam Swa Bhuana Paksa! Merdeka!" ucap Agus dari dalam kokpit pesawat tempur F-16.

Atraksi fly pass dari pasukan TNI AU tersebut merupakan bagian dari acara Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan.

Pada kesempatan yang sama, sejumlah warga DKI Jakarta menikmati atraksi terbang lintas pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara yang terbang melintasi langit Istana Merdeka, Jakarta Pusat, saat peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Masyarakat pun turut menyaksikan jalannya Upacara Detik-Detik Proklamasi meski dari luar Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

"Kebetulan sekalian lari pagi dan lewat Istana Merdeka. Biasanya ada atraksi pesawat kelihatan dari sini," kata Hasyim, salah satu warga asal Petojo, Jakarta Pusat dikutip dari Antara, Selasa (17/8/2021).

Warga lainnya, Winda, yang kebetulan melintas Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, juga sengaja memberhentikan kendaraan untuk melihat atraksi tersebut.

"Suami saya berhentikan motor, karena lihat banyak orang juga berdiri, akhirnya kami ikut nonton atraksinya," ungkap Winda.

Ketika Detik-Detik Naskah Proklamasi dibacakan pada pukul 10.17 WIB, masyarakat juga diminta untuk berdiri tegak dan melakukan sikap sempurna selama 3 menit agar Peringatan HUT Ke-76 RI berjalan lebih khidmat.

Ada pun atraksi dalam rangka Peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia juga dilakukan oleh helikopter TNI AU yang mengibarkan Bendera Merah Putih berukuran raksasa.

Rekomendasi