Hanafi Rais Gabung ke Partai Ummat, Ibnu Mahmud Dilantik Jadi Anggota DPR

| 19 Aug 2021 14:04
Hanafi Rais Gabung ke Partai Ummat, Ibnu Mahmud Dilantik Jadi Anggota DPR
Ilustrasi

ERA.id -Ketua DPR RI Puan Maharani resmi melantik anggota DPR RI hasil pergantian antar waktu (PAW) dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Ibnu Mahmud Bilakkudin, yang menggantikan Hanafi Rais.

Pelantikan digelar dalam Rapat Paripurna DPR RI Ke-2 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2021-2022 di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/8/2021).

"Pimpinan dewan telah menerima menerima petikan surat keputusan presiden Indonesia Nomor 96/P Tahun 2021 tanggal 19 Juli 2021 tentang Persemian Pergantian Antarwaktu Anggota DPR dan MPR sisa masa jabatan 2019-2024 atas nama Ibnu Mahmud Bilalluddin dari Fraksi PAN dapil DIY menggantikan Hanafi Rais," ujar Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel selaku pimpinan Rapat Paripurna.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dipandu oleh Ketua DPR RI Puan Maharani yang didampingi Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, Azis Syamsuddin, dan Rachmad Gobel.

"Sebelum memangku sebagai Dewan Perwakilan Rakyat Saudara wajib bersumpah sesuai agama islam, apakah saudara bersedia disumpah menurut Agama Islam?" tanya Puan ketika memandu pengambilan sumpah

"Bersedia," jawab Mahmud.

Untuk diketahui, Hanafi Rais mengundurkan diri dari jabatan sebagai anggota DPR RI pada Mei 2020 lalu. Saat itu, Hanafi juga menjabat sebagai ketua Fraksi PAN yang kemudian digantikan oleh Saleh Partaonan Daulay.

Mundurnya Hanafi dari DPR RI dikaitkan dengan konflik yang terjadi saat Kongres PAN dan mundurnya sang ayah, Amien Rais dari PAN.

Adapun Mahmud merupakan peraih suara terbanyak ketiga di Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan raihan suara sebanyak 6.627 suara.

Rekomendasi