Isu Pemilu Mundur ke 2027, DPR: Jangan Termakan Isu yang Buat Imun Turun

| 19 Aug 2021 17:45
Isu Pemilu Mundur ke 2027, DPR: Jangan Termakan Isu yang Buat Imun Turun
Sufmi Dasco (Dok. Instagram sufmi_dasco)

ERA.id - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad buka suara mengenai isu Pemilu 2024 diundur ke tahun 2027. Menurutnya, kabar tersebut sudah dibantah pemerintah maupun Komisi Pemilihan Umum (KPU), karena secara aturan tidak memungkinkan jadwal Pemilu diundur lagi.

"Pemerintah dan KPU sudah sama-sama membantah bahwa apa yang berkembang di media massa, Pemilu diundur ke 2027, itu kan tidak mungkin. Karena aturan tidak mengatur soal itu," ujar Dasco kepada wartawan, Kamis (19/8/2021).

Lebih lanjut, Dasco mengimbau, agar masyarakat dan semua pihak fokus saja pada persiapan-persiapan Pemilu 2024. Dia juga mengingatkan agar publik tidak mudah termakan isu-isu tidak benar karena dapat menurunkan imun tubuh di tengah pandemi COVID-19.

Menurut Dasco, KPU kemungkinan akan mengumumkan persiapan tahapan Pemilu 2024 dalam waktu dekat.

"Kita fokus saja pada persiapan-persiapan, tahapan-tahapan yang mungkin segera akan disampaikan KPU dan kepada masyarakat," kata Dasco.

"Jangan termakan isu-isu yang membuat imun turun. Tidak perlu membuat dinamika-dinamika, bisa buat imun turun," imbuhnya.

Sebelumnya, beredar kabar Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan diundur dari tahun 2024 ke tahun 2027.

Namun, hal tersebut sudah diklarifikasi oleh KPU yang menegaskan bahwa Pemilu dan Pilkada serentak tetap digelar di 2024. Hal itu sesuai kesepakatan Tim Kerja Bersama yang terdiri dari DPR, Kemendagri, KPU, Bawaslu dan DKPP.

"Pemilu direncanakan pada tanggal 21 Februari 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah pada tanggal 27 November 2024," kata Komisioner KPU, I Dewa Raka Sandi melalui keterangan tertulis, Selasa (17/8).

Rekomendasi