Heboh Usulan Penundaan Pemilu 2024, DPR Tetap Lanjutkan Pembahasan Tahapan Pileg dan Pilpres

| 11 Mar 2022 11:38
Heboh Usulan Penundaan Pemilu 2024, DPR Tetap Lanjutkan Pembahasan Tahapan Pileg dan Pilpres
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Anggota Komisi II DPR RI Muhammad Rifqinizamy Karsayuda menjanjikan akan membahas anggaran hingga tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada masa sidang mendatang, atau setelah masa reses selesai.

"Setelah masa sidang besok, paripurna dibuka, pasti Komisi II DPR RI akan mengagendakan agenda utamanya adalah kita memfinalisasi tahapan, termasuk bagaimana memastikan anggaran itu murah, efektif, dan efisien untuk penyelenggaraan Pemilu 2024," kata Rifqi kepada wartawan yang dikutip pada Jumat (11/3/2022).

Rifqi membantah isu anggaran tidak segera dibahas karena munculnya wacana penundaan Pemilu 2024. Menurutnya, hal ini belum dibahas lantaran DR RI masih dalam masa reses dan menunggu anggota KPU dan Bawaslu yang baru dilantik.

"Ini karena momentumnya bersamaan antara reses dengan menunggu KPU yang baru," kata Rifqi.

Sementara tahapan Pemilu sebelumnya belum dibahas Komisi II DPR RI bersama penyelenggara pemilu karena harus menetapkan terlebih dahulu tanggap pemungutan suara. Serta memilih anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027.

Sedangkan terkait dengan anggaran, menurut Rifqi jika sudah ada keputusan final maka hal tersebut akan dibahwa ke Badan Anggaran DPR RI untuk dibahas lebih lanjut.

Menurutnya, KPU juga sudah memberikan usulan anggaran dan melakukan uji coba tahapan-tahapan Pemilu 2024. Hanya saja perlu finalisasi dengan Komisi II DPR RI.

"Jadi nanti kita bahas berbarengan, agat kemudian ini menjadi satu pembahasan yang simultan," pungkasnya.

Kami juga pernah menulis soal PDIP Pastikan Pertemuan Megawati-Jokowi di Rumpin Tak Bahas Penundaan Pemilu: Sikap Keduanya Senafas, Tunduk Konstitusi Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Tags : kpu pemilu
Rekomendasi