PPKM di Bali Berhasil Turun ke Level 3, Pemerintah Ingatkan Prokes saat Perayaan Keagamaan

| 14 Sep 2021 10:15
PPKM di Bali Berhasil Turun ke Level 3, Pemerintah Ingatkan Prokes saat Perayaan Keagamaan
Luhut Pandjaitan (ERA.id)

ERA.id - Setelah lebih dari tiga pekan berada di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Provinsi Bali pekan ini berhasil turun ke level 3. Hal ini merupakan dampak dari perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia yang semakin membaik.

"Pada penerapan PPKM yang dilakukan hingga minggu lalu, pemerintah akhirnya berhasil menurunkan provinsi Bali menjadi Level 3," ujar Luhut dalam konferensi pers di kanal YouTube Kemenko bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Senin (13/9/2021).

Dengan begitu, pada PPKM wilayah Jawa-Bali periode 14-20 September 2021, jumlah kabupaten/kota yang berada di level 4 hanya tersisa tiga dari sebelumnya berjumlah 11 kabupaten/kota.

Meski begitu, Luhut mengingatkan agar Pemerintah Provinsi Bali tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat, terlebih di acara-acara keagamaan yang berpotensi menimbulkan klaster baru Covid-19.

"Saya ingin sampaikan di Bali orang pakai masker sudah bagus, lebih 95 persen. Tetapi mohon maaf, masih ada perayaan agama yang berlebihan yang hendaknya dikontrollah supaya pesertanya jangan terlalu banyak yang bisa nanti menimbulkan klaster baru," kata Luhut.

Pada PPKM wilayah Jawa-Bali periode 6-13 September 2021, Provinsi Bali belum bisa berada di level 3 lantaran masih banyaknya jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

Meski begitu, pemerintah pusat mengizinkan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan dan mal diberlakukan di seluruh kabupaten di Provinsi Bali.

Rekomendasi