Usul Anggaran Pemilu 2024 Rp 86 Triliun, KPU Termasuk Buat Bangun Gedung

| 16 Sep 2021 18:26
Usul Anggaran Pemilu 2024 Rp 86 Triliun, KPU Termasuk Buat Bangun Gedung
KPU (Tsatsia/era.id)

ERA.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra menyebut, pihaknya akan merasionalisasi kembali anggaran untuk Pemilu 2024. Jumlah anggaran yang diusulkan KPU diprotes karena mencapai Rp86 triliun.

Ilham mengatakan, usulan anggaran itu termasuk untuk penguatan infrastruktur KPU. Apalagi, menurutnya, masih banyak kantor KPU di daerah yang menyewa dan pinjaman dari pemerintah daerah.

"Untuk anggaran kita mencoba merasionalisasi. Ya karena memang anggaran yang kami usulkan itu termasuk penguatan infrastuktur kami, termasuk pembangunan gedung," ujar Ilham di Kompleks DPR RI, Jakarta, Kamis (16/9/2021).

Meski begitu, Ilham memastikan akan merasionalisasi kembali anggaran Pemilu 2024. Termasuk masukan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengenai durasi tahapan Pemilu, pihaknya akan mensimulasikan dan mempertimbangkan kembali anggarannya.

"Kami lihat rasionalisasi kita terkait anggaran pemilu. Nanti kita simulasikan," katanya.

Sebelumnya, saat rapat bersama Komisi II DPR RI, Mendagri Tito Karnavian menyampaikan keberatannya terkait anggaran Pemilu 2024 yang diajukan KPU. Menurutnya, anggaran sebesar RP82 triliun terlalu besar dan diharapkan jumlah itu dipertimbangkan supaya lebih efisien.

Rekomendasi