Situasi Pandemi COVID-19 di Indonesia Terkendali, Luhut: Jawa-Bali Tak Lagi PPKM Level 4

| 20 Sep 2021 17:37
Situasi Pandemi COVID-19 di Indonesia Terkendali, Luhut: Jawa-Bali Tak Lagi PPKM Level 4
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (Antara)

ERA.id - Situasi Pandemi Covid-19 terus menunjukkan perbaikan. Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan hasil estimasi dari tim FKM UI menunjukkan angka reproduksi efektif Indonesia untuk pertama kalinya selama pandemi, berada di bawah 1, yakni sebesar 0,98.

Angka ini berarti setiap 1 kasus Covid-19 secara rata-rata menularkan ke 0,98 orang, atau jumlah kasus akan terus berkurang. Angka ini juga dapat diartikan pandemi Covid-19 di Indonesia telah terkendali.

Selain itu, capaian kasus harian juga menunjukkan tren yang terus membaik. Kasus konfirmasi secara nasional hari ini berada di bawah 2.000 kasus dan kasus aktif sudah lebih rendah dari 60 ribu. Untuk Jawa-Bali, kasus harian turun hingga 98 persen dari titik puncaknya pada 15 Juli lalu.  

"Dengan berbagai perbaikan tersebut, Saya bisa sampaikan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi kabupaten/kota yang berada di level 4 di Jawa Bali," ujar Luhut dalam konferensi pers, Senin (20/9/2021).

Presiden Jokowi dalam Ratas tadi pagi mengingatkan agar semua harus tetap waspada dan hati-hati. Risiko peningkatan kasus masih tinggi dan dapat terjadi sewaktu-waktu.

Menurut Luhut, salah satu risiko berasal dari luar negeri terutama melihat masih tingginya kasus Covid-19 di negara-negara tetangga.

"Kita juga tidak ingin lagi kecolongan lolosnya varian baru, seperti Mu dan Lambda, masuk ke Indonesia," katanya.

Untuk mencegah hal itu terjadi, Pemerintah akan membatasi pintu masuk perjalanan internasional ke Indonesia dan memperketat proses karantina bagi warga negara asing maupun Indonesia yang datang dari luar negeri.

Rekomendasi