Ganjar Kalahkan Prabowo dan Anies di Survei: Pilpres Urusan Bu Mega, Saya Urus Kemiskinan Ekstrem

| 08 Oct 2021 15:35
Ganjar Kalahkan Prabowo dan Anies di Survei: Pilpres Urusan Bu Mega, Saya Urus Kemiskinan Ekstrem
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama Wapres Ma'ruf Amin di Semarang. (Dok. Pemprov Jateng)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanggapi soal namanya yang unggul dalam sejumlah survei tentang calon presiden, termasuk survei terbaru Saiful Mujani Research Center. Ganjar bahkan disebut bisa unggul tanpa PDI Perjuangan, partainya saat ini.

Namun Ganjar kembali menyatakan urusan calon presiden menjadi kewenangan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Apalagi saat ini ia diminta Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk mengatasi kemiskinan esktrem di sejumlah daerah di Jateng.

"Tugas saya sekarang ngurus perintah baru dari Pak Wapres bagaimana kemiskinan ekstrem bisa beres di bulan Desember," kata Ganjar, Jumat (8/10/2021).

Menurut dia, penanganan kemiskinan dan pandemi jadi tugas prioritasnya saat ini. "Itu menjadi tugas utama di samping mempercepat vaksin. Jadi ngurusi yang itulah," katanya.

Ganjar juga menyatakan tak mengurusi dukungan dari sejumlah komunitas seperti Sahabat Ganjar yang mendeklarasikan Ganjar sebagai capres 2024.

"Saya tidak ngurus deklarator-deklarator yang muncul dari mereka dan saya tidak pernah tahu urusan itu," ujarnya.

Menurut dia, soal pilpres menjadi kewenangan Megawati. "Pokoknya di PDIP itu urusan pilpres urusan Ketum Bu Mega," katanya.

Sebelumnya Ganjar Pranowo diperkirakan akan mendapat suara terbanyak pertama bila menjadi calon presiden 2024. Hal ini jadi salah satu temuan survei opini publik terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang diumumkan Kamis (7/10) kemarin.

Survei SMRC menemukan bahwa apabila pemilih tahu enam calon (Prabowo, Anies, Ganjar, Sandi, Ridwan, dan AHY), Ganjar konsisten unggul dari calon lain di semua simulasi. Dalam simulasi semi terbuka 42 nama, Ganjar mendapat dukungan terbesar 24,3 persen, selanjutnya Anies 14,4 persen, Prabowo 11,4 persen, Sandi 6,1 persen, Ridwan Kamil 4,2 persen, AHY 3,2 persen.

Jika jumlah calon dikurangi menjadi 15 nama, Ganjar unggul dengan dukungan 28,2 persen, disusul Anies 16,5 persen, Prabowo 12,4 persen, Sandi 6,5 persen, Ridwan Kamil 5 persen, AHY 4 persen.

Dalam simulasi 8 nama, Ganjar juga unggul dengan dukungan 28,7 persen, disusul Anies 20,4 persen, Prabowo 13,6 persen, Ridwan Kamil 6,3 persen, Sandi 6,1 persen, dan AHY 4,7 persen. Dalam simulasi 3 nama, Ganjar akan dipilih oleh 43,9 persen, disusul Anies 24,6 persen, dan Prabowo 21,7 persen.

Rekomendasi