Dari Fajroel Rachman Hingga Mantan Ketum Kadin, Ini Nama 17 Dubes yang Baru Dilantik Jokowi

| 25 Oct 2021 11:00
Dari Fajroel Rachman Hingga Mantan Ketum Kadin, Ini Nama 17 Dubes yang Baru Dilantik Jokowi
Fadjroel Rachman saat dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Dubes untuk Kazakhtan Merangkap Tajikistan (Tangkapan Layar)

ERA.id - Presiden Joko Widodo melantik 17 duta besar RI di Istana Negara, Senin (25/10/2021).

Dikutip dari tayangan di YouTube Sekretariat Presiden, upacara pelantikan dilaksanakan pada pukul 9:15 WIB. Deputi Bidang Administrasi Aparatur Nanik Purwanti membacakan Keputusan Presiden Nomor 127/B/2021 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI.

Ada 17 orang yang dilantik sebagai Duta Besar RI mereka adalah Fadjroel Rachman sebagai Duta Besar RI Kazakhstan merangkap Republik Tajikistan; Abdul Aziz untuk Kerajaan Arab Saudi merangkap Organization of Islamic Cooperation (OIC); Dewi Tobing untuk Sri Lanka merangkap Republik Maladewa; Bebeb AK Djundjunan Untuk Republik Yunani; dan Lena Maryana Mukti untuk Kuwait.

Berikutnya Pribadi Sutiono untuk Republik Slowakia; Muhammad Najib untuk Kerajaan Spanyol merangkap United Nations World Tourism Organization (UNWTO);  Ardi Hermawan untuk Kerajaan Bahrain; Ade Padmo Sarwono untuk Kerajaan Yordania Hashimiah merangkap Palestina; serta Mohamad Oemar untuk Prancis merangkap Kepangeranan Andorra, Kepangeranan Monako, dan United Nations Education, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Kemudian Tatang Budi Utama Razak untuk Republik Kolombia merangkap Antigua dan Barbuda, Barbados dan Federasi Saint Kitts dan Nevis; Derry MI Amman untuk Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk Association of Southeast Asian Nation (ASEAN); Arrmanatha Nasir untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa dan organisasi-organisasi internasional lainnya; Febrian A Ruddyard untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, World Trade Organization (WTO), dan organisasi-organisasi internasional lainnya di Jenewa; Siswo Pramono untuk Australia merangkap Republik Vanuatu; Okto Dorinus Manik untuk Republik Demokratik Timor-Leste; dan Rosan Perkasa Roeslani untuk Amerika Serikat.

Setelah dibacakan surat keputusan, Presiden Jokowi kemudian memimpin upacara pengambilan sumpah jabatan terhadap belasan duta besar tersebut.

Rekomendasi