Dari Roma, Jokowi ke Glasgow Hadiri KTT COP26 Hingga Temu Bisnis

| 01 Nov 2021 09:15
Dari Roma, Jokowi ke Glasgow Hadiri KTT COP26 Hingga Temu Bisnis
Jokowi (Dok. Instagram Jokowi)

ERA.id - Usai menghadiri rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia, Presiden Joko Widodo melanjutkan lawatan luar negerinya ke Glasgow, Skotlandia untuk menghadiri KTT Pemimpin Dunia COP26.

"Di Glasgow saya, saya menghadiri KTT Pemimpin Dunia COP26 yang berlangsung pada tanggal 1-2 November 2021," tulis Jokowi dalam unggahannya di akun Instragram pribadinya pada Senin (1/11/2021).

Jokowi mengatakan, KTT tetang perubahan iklim itu akan dipimpin oleh Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson dan akan dihadiri oleh 121 kepala negara dan kepala pemerintahan.

Selain menghadiri COP26, Jokowi juga mengaku lawatannya ini sekaligus temu bisnis dengan para pengusaha di Inggris yang sudah berinvestasi di Indonesia.

"Di sela KTT ini, saya juga akan melakukan temu bisnis dengan pimpinan dunia usaha Inggris yang telah berinvestasi, juga yang akan memperluas investasinya di Indonesia, serta menggelar sejumlah pertemuan bilateral," kata Jokowi.

Dikutip dari keterangan pers dari Biro Pers Presiden, diketahui Presiden Joko Widodo dan rombongan mendarat di Bandara Internasional Glasgow Prestwick di Glasgow, Skotlandia, pada Minggu, 31 Oktober 2021, sekitar pukul 21.40 waktu setempat.

Jokowi disambut oleh Duta Besar RI untuk Britania Raya merangkap Republik Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), Desra Percaya dan Atase Pertahanan Republik Indonesia di Britania Raya, Kolonel Czi Ranon Sugiman, serta pejabat pemerintahan setempat.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Glasgow antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Tags : jokowi KTT COP26
Rekomendasi