Komisi I DPR RI Bakal Sambangi Rumah Calon Panglima TNI Andika Perkasa, Ada Apa?

| 06 Nov 2021 22:00
Komisi I DPR RI Bakal Sambangi Rumah Calon Panglima TNI Andika Perkasa, Ada Apa?
Jenderal Andika Perkasa sebangai Panglima TNI (Gabriella Thesa/Era.id)

ERA.id - Komisi I DPR RI dijadwalkan akan mengunjungi rumah Panglima TNI terpilih Jenderal Andika Perkasa pada Minggu (7/11/2021). Kunjungan itu merupakan bagian dari verifikasi faktual usai fit and proper test.

"(Fit and proper tes) kan sudah selesai, besok datang ke rumah (Andika Perkasa)," ujar Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhito Rizaldi di Kompleks Parlemen, Sabtu (6/11/2021).

Bobby mengatakan, tidak seluruh anggota komisi I hadir tetapi diwakili dari fraksi-fraksi masing-masing partai. Bobby mengakui Partai Golkar akan diwakili oleh Meutya Hafid dan Lodewijk F Paulus

"Cuman perwakilan kita dari fraksi-fraksi kalau di tempat kita ada bu Meutya dan pak Lodewicjk yang lain itu kapoksi dan satu perwakilan," kata Bobby.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo telah mengirimkan Surat Presiden (Surpres) yang berisi calon tunggal Panglima TNI atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa. Surpres Nomor R-50/Pres/10/2021 itu diantar langsung Mensesneg Pratikno kepada Pimpinan DPR pada Rabu (3/11/2021).

Adapun pada Sabtu (6/11/2021), Komisi I DPR RI menggelar fit and proper test calon Panglima TNI selama tiga jam. Kemudian dilanjutka dengan rapat internal Komisi I DPR RI.

Kesimpulan hasil rapat internal Komisi I DPR RI yaitu menyetujui Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, dan menyetujui pemberhentian Marsekal Hadi Tjahjanto dari jabatan Panglima TNI.

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI," kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid saat membacakan kesimpulan rapat.

Rekomendasi